Thursday, March 23, 2017

My Family Project Part One

Part One
            Tantangan level 3 dari Kuliah Bunda Sayang kali ini semakin berat. Kami diminta untuk membuat family project yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Proyek ini dibuat dan dilaporkan dalam 3 hari berturut-turut yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penghargaan. Ada unsur komunikasi produktif yang harus terkandung didalamnya, supaya kegiatan bisa berjalan dengan baik. Diskusi yang dilaksanakan ketika perencanaan dapat mempererat hubungan kasih sayang dan komunikasi antar keluarga.
            Baiklah, dengan mengucap bismillah… kita mulai family project yang pertama. Kami memulainya dengan market day atau hari jualan . Kegiatan ini diadakan rutin setiap kuartal diakhir bulan oleh sekolah anak saya. Market day mengajarkan anak agar mengetahui bagaimana akad jual beli yang baik menurut islam. Selain itu, anak menjadi tahu bagaimana penggunaan uang sebagai alat tukar dalam jual beli. Nominal yang diajarkan masih skala kecil yaitu 2000 dan 4000. Ada ketentuan barang yang dijual dapat berupa mainan ataupun makanan. Kali ini anak saya Nafeeza sudah berpengalaman dua kali sebagai penjual, sehingga ia sudah tak canggung lagi.
            Diskusi dilakukan sejak hari sebelumnya. Karena ayahnya sedang bekerja diluar kota, maka komunikasi dilakukan via telephone. Ia menelpon dan menanyakan barang apa yang dijual, serta persiapannya. Kami merencanakan apa yang akan dijual yaitu makanan dan mainan. Setelah berdiskusi akhirnya makanan ringan yang dijual yaitu Risoles dan mainannya ada beberapa ular tangga, stiker, water beads, dan pesawat. Rencana selanjutnya adalah kami mulai menuliskan peralatan apa saja yang dibutuhkan, kemudian menyiapkannya. Tak lupa label harga ditempelkan pada barang-barang yang kami jual.
            Nafeeza diputuskan sebagai penjualnya, sedangkan saya membantu persiapan peralatan dirumah. Ia terlihat senang sekali, bahkan membantu saya mempersiapkan hingga malam. Beberapa barang yang sudah dilist mulai kami kumpulkan supaya esok hari tak ketinggalan. Ada stiker, mainan, koper untuk menjajakan dagangan, tempat menerima uang dagangan, serta tas belanjaan. Semoga market day esok hari bisa berjalan lancar dan jualannya laris. Aamiin…
#tantangan hari1
#level3
#Myfamilymyteam
#KuliahBunsayIIP
#Bundasayang
#Ibu Profesional
#IIP



0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design