Friday, March 27, 2020

Ini Dia 5 Resep Camilan Praktis untuk Menemani Keluarga di Rumah, Nomor 1 hanya satu bahan, Yuk Intip Mana Favoritmu ?



Pengumuman sekolah agar anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh sejak minggu lalu, ternyata membuat saya harus siap menyiapkan camilan lebih banyak dari biasanya. Ketika sekolah tatap muka mereka meminta camilan hanya disaat sore hari sepulangnya dari sekolah, kini hampir selang jam makan berikutnya mereka sudah kelaparan meminta camilan ringan. Apa ada yang sama seperti saya, Mam?



Masalahnya, ternyata camilan yang beragam dan frekuensi yang sering ini membuat saya kewalahan jika tak segera mensiasati pilihan camilan yang tidak memakan waktu banyak. Tugas pembelajaran jarak jauh, pekerjaan di rumah, adiknya yang juga meminta diajak bermain bersama, belum lagi melayani kebutuhan suami. Ternyata cukup melelahkan jika saya tak berusaha membagi waktu mencari prioritas.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi ide resep camilan sederhana yang bisa dihidangkan segera tanpa memakan waktu banyak.

Ini dia 5 resep camilan praktis yang dapat dihidangkan menemani keluarga berkumpul di rumah :

1. Ubi Cilembu

Camilan Praktis yang tidak membutuhkan persiapan apa-apa, hanya memasukkannya ke dalam oven, kemudian mengatur waktu dan panas suhunya. Jika mulai mengoven sejak ubinya mentah, saya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dalam suhu 190-200 derajat. Selain dibakar, ubi cilembu ini enak juga dikukus hingga empuk. Setelah matang, bisa dimakan hangat-hangat.

2. Bola-Bola Cokelat 

Camilan favorit anak-anak, hingga mereka akhirnya bisa membuat sendiri di rumah.
Bahan yang diperlukan :
- kue marie 10 buah atau kue roma kelapa secukupnya.

- meses ceres secukupnya

- susu kental manis satu sachet

- mentega cair secukupnya

cara membuat bola-bola cokelat ini mudah sekali. Pertama kita hancurkan terlebih dahulu kue marie hingga menjadi serbuk dengan menggunakan ulekan (agar lebih mudah dapat memasukkan kue kedalam plastik yang ada zipnya, ditutup baru kemudian dihancurkan) kemudian tambahkan mentega cair secukupnya sambil diremas dan ditekan, setelah itu tambahkan susu kental manis, dan bentuk bulat kue hingga seperti bola. Setelah menyatu dan kokoh, kemudian gulingkan bulatan bola pada meses cokelat, atau yang berwarna-warni agar lebih indah. Sebagai hiasan kita dapat menusukkan tusuk gigi yang dihias dengan bendera kecil diatasnya, atau menambahkan potongan ceri kecil.


3. Pisang Keju Bakar

Camilan ini juga sangat mudah dibuat dan bahannya mudah ditemukan di sekitar kita.

Bahan yang diperlukan :

- Pisang raja bulu, pisang tanduk, atau pisang nangka

- Keju chedar

- Meses

- Susu kental manis

Cara membuat :

Kupas kulit pisang, kemudian belah pisang menjadi dua bagian dan pipihkan. Setelah itu panaskan penggorengan, oleskan mentega atau butter, kemudian bakar pisang hingga matang. Angkat pisang, tata diatas piring, lalu tambahkan susu kental manis, taburan meses, dan parutan keju. Pisang keju bakar pun siap dinikmati. Agar lebih bergizi Mama dapat menambahkan madu diatasnya.

lihat juga resep mudah yang lengkap gizi untuk menemani keluarga di rumah di sini .

Gambar diambil dari web shutterstock.com

4. Roti Bakar

Sama seperti pisang, roti bakar menjadi camilan favorit juga di rumah kami. Hampir setiap hari, anak saya menikmati roti, walaupun olahannya sederhana. Biasanya mereka senang dengan roti yang didalamnya ditambahkan olesan susu kental manis dan mozzarella, kemudian dipanggang diatas kompor. Mama hanya membutuhkan bahan sederhana untuk membuatnya, diantaranya adalah :

- Roti tawar

- Susu kental manis

- Keju cheddar atau mozarella

- Meses

- Selai beraneka rasa (cokelat, kacang, strawberry)

Cara membuatnya mudah, oleskan selai pada roti, tambahkan susu kental manis, meses, dan keju parut atau keju mozarella, kemudian oleskan mentega pada roti bagian luar. Panaskan kompor, bakar roti, kemudian pipihkan menggunakan spatula, setelah matang, Mama dapat menambahkan madu diatasnya jika suka. 

Gambar diambil dari web Shutterstock

5. Bubur kacang Hijau 

Kudapan sederhana dan bergizi yang mudah membuatnya. Agar kacangnya lebih mudah diolah, Mama dapat merendamnya terlebih dahulu dengan air mentah selama satu malam kemudian kita dapat memasaknya keesokan hari. Bahan yang diperlukan kacang hijau, gula merah, 2 lembar daun pandan, sejumput garam, jahe 1 ruas jempol, dan santan.

Cara membuat :

- Rebus kacang hijau hingga empuk, tambahkan 2 lembar pandan yang diikat simpul, sejumput garam, dan jahe yang sudah dimemarkan.

- Jika sudah empuk, Mama dapat menambahkan gula merah ataupun gula putih ke dalamnya. (tips agar gula merahnya tidak meninggalkan endapan kasar, Mama dapat merebus gula merahnya hingga cair di tempat terpisah, kemudian disaring, baru ditambahkan pada rebusan kacang hijau.)

- Agar bertahan lama, kita dapat merebus secara terpisah santan untuk toping bubur kacang hijau. Caranya rebus santan pada panci terpisah, kemudian tambahkan sejumput garam dan daun pandan. Mama dapat menambahkan 1 sendok teh maizena agar santan menjadi kental dan gurih. Rebus santan hingga mendidih.

Setelah matang, Mama bisa menata bubur kacang hijau diatas mangkuk, tambahkan toping santan kental diatasnya. Hmm... sedap sekali buburnya jika dinikmati bersama selagi hangat ditengah cuaca dingin dimusim hujan.

Nah, mudah bukan membuatnya Ma? Selain mudah ditemukan di sekitar kita, 5 kudapan ini tidak membutuhkan waktu lama yang menyita konsentrasi kita dalam menemani keluarga di rumah. Selamat mencoba Mama, kalau sudah praktek membuatnya, Mama bisa kirim fotonya kesini ya.











54 comments:

  1. Wahhhh enak sekali dan mudah dibuatnya ya

    ReplyDelete
  2. Makasih resepnya pasti cobain satu satu nih

    ReplyDelete
  3. Camilan yang easy to cook ya Mba. Enak-enak pula, saya jadi tergiur pengen makan, padahal bikinnya gampang tapi lebih enak kalau tinggal makan ya. Wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba, anak-anak kalau di rumah minta camilan terus, Ibunya harus pinter bersiasat. hehehe..

      Delete
  4. Enyaaaakkk semuaaaaa
    di zaman phisycal distancing ini, aku nyetok frozen food, aneka kripik, roti tawar langsung nyetok dua bungkus tiap beli di minimarket.
    Abisss, semua gampang lapaaarrr :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mba, sama kita. biasanya roti tawar bersisa, sekarang langsung abis 2 hari ya..hehehe

      Delete
  5. Senangnya dapat resep yang gampang gini😙 apalagi anak² yang banyak dirumah gini, maunya ngemiiil aja😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mba, maunya ngemil lagi dan lagi. ayo coba resepnya Mba

      Delete
  6. Yammmm resepnya bikin perut lapar mba, semoga bisa buat juga ah besok-besok biar anak-anak masih betah di rumah heheheh makasih mb udah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, camilan sederhana tapi tetep nagih pas lagi ngumpul di rumah gini. selamat mencoba ya Mba

      Delete
    2. Makin sibuk masak dong ya mamanya di rumah di mada pandemi ini.

      Delete
    3. Iya betul, Mama makin banyak jobnya. Hehehe...

      Delete
  7. Resepnya gampang banget mba, sebagian sering kami buat juga di rumah, gak mahal yang lumayan buat keluarga ceria

    ReplyDelete
  8. Yeayy, jadi punya ide buat bikin camilan besok...lagi punya nih roti dan pisang, kacang ijo juga ada. ubi cilembu yang ga pernah beli sendiri mentahnya...hm kok jadi laper baca ini ya..:D

    ReplyDelete
  9. Ini jadi kepikiran buat biar anak-anak mau ngemil. Kayanya diajakin bareng buat bola coklat seru y bisa jadi aktivitas anak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, pasti io sama ia seneng eksperimen buletin kue

      Delete
  10. Selama di suruh untuk stay di rumah, anak-anak juga suka bikin cemilan. Kemarin juga bikin roti goreng, pisang keju, puding dan seblak. makan melulu yak! Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul teh, semakin banyak tugas semakin laper

      Delete
  11. bola-bola coklat dulu suka banget aku buatnya haha, pakai regal yang dihancurin terus di kasih susu kental manis haha, abis itu taruh di frezer sampai beku, besokannya tinggal di mamam, gampang ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gampang, anakku akhirnya bikin sendiri berkali-kali. Bikin nagih katanya, saking gampangnya

      Delete
  12. Nomor 5 pilihanku niiiy. Favoritnya pak cuami dan anak anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ternyata suka burjo ya. Enak ya kalau bikin sendiri, bebas nambah hehehe.

      Delete
  13. Saya suka resep-resep yang praktis seperti ini, nih. Apalagi yg no.1. ubi Cilembu mah favorit saya banget. Ga perlu menyita tenaga untuk menikmatinya tapi gizinya oke punya. 4 yg lainnya saya juga udah nyobain. Plus satu lagi sih kalau versi saya: cilok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, ini mah resep gampil kesukaan banyak keluarga ya. Cilok juga enak ya Mba, kalau kami sukanya cireng.

      Delete
  14. Enak kelimanya. Yang pernah saya bikin adalah pisang keju dan jasuke. Cemilan sederhana dan simpel sebenarnya, tapi pasti anak suka, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini mah pilihan yang paling gampang dan disukai anak².

      Delete
  15. ubi cilembu doang yang tidak saya dapatkan di sini. Entah kok lama nggak lihat orang jualan ubi cilembu. Padahal biasanya banyak dijual di pinggir jalan. Dan anak-anak paling suka dengan nomor 3, 4, 5.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Lisa tinggal dimana? Kalau di Bandung banyak Mba dipinggir jalan, skrg ga perlu ke sumedang buat cari Ubi cilembu.

      Delete
  16. Minggu ini aku bikin bola-bola coklat, lebih tepatnya anakku dink. Kemudian bikin pisang bakar dan Ubi Cilembu oven. Ya gini deh kalau semua ngumpul di rumah. Mau gak mau harus bikin camilan. Tapi ya cuma yg gampang2 gitu. Lha wong bisanya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa Mba, yang penting anak-anak ga kelaperan ya. Hehehe...

      Delete
  17. Wah resepnya sederhana dan sepertinya mudah bahan-bahannya ya mb. Jadi pengen bikin nih...mksh mba resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin Mba, gampang dicari koq ini. Mudah dibuat dan anak-anak pun bisa bikin sendiri.

      Delete
  18. Saya penasaran sama ubi Cilembu tuh mbak. Itu ubi kayu atau ubi jalar sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubi jalar Mba. Ubi kayu= singkong atau ketel pohon

      Delete
  19. Saya pernah bikin sama anak-anak bola-bola coklat. Prosesnya berjam-jam... makannya nggak ada 5 menit. Beres-bresnya ? Besuk baru selesai... Hahaha... tapi seru sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa Mba, beres-beresnya besok, yang penting anak-anak menikmati hasilnya

      Delete
  20. Bola-bola coklat, camilan favorit anak-anak nih Mbak. Mereka enggak cuma senang makannya, tapi juga senang bikinnya. Seru katanya nyampur-nyampur terus bikin bulet-bulet. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu dengan anakku, mereka seneng karena dibolehin Mamanya bikin sendiri

      Delete
  21. Cemilannya praktis banget, ya. Anak-anak yang sedang stay at home bisa belajar membuat cemilan ini.

    ReplyDelete
  22. Menarik banget camilannya, iya di rumah akupun suka bikin.

    Saran: Btw, punten kalau tampilan blognya di setting responsif untuk ponsel enak nih bacanya.

    Maapkeun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sarannya Mba, kalau boleh tau gimana caranya ya, saya masih belajar. Lama ga otal-atik blog.

      Delete
  23. Terima kasih ide camilannya, Mbak. Emang sih sejak sekolah di rumah tuh anak-anak bawaannya makan terus. Daripada jajan mending bikin sendiri yaaa. 5 resep ini bahannya gampang dicari lagi.

    ReplyDelete
  24. Dari dulu aku pengin nyobain bikin yang bola-bola coklat mba. kayaknya gampang banget, tapi kok ya enggak burun dipraktekin ya:)
    Esekusi ah agar ada variasi persedian camilan di rm

    ReplyDelete
  25. wah enak-enak dan mudah banget cara buatnya ya, jadi kepikiran mau bikin bola-bola coklat dulu sering buat juga soalnya hihi

    ReplyDelete
  26. Semuanya kesukaan aku...ubi cilembu,roti bakar, burcangjo apalagi..nyam nyam

    ReplyDelete
  27. Sederhana tapi enak ya, sudah cukup bikin hepi anak. Saya belum pernah coba ubi cilembu, ringkas banget cuma dipanggang ya. Anakku tapi pemilih banget nih haha. Ortunya jadinya yang ngemil macam2

    ReplyDelete
  28. wah.. saya suka no. 3, 4, 5 itu favorit aku bgt mba

    ReplyDelete
  29. Mantap nih cemilannya. Mudah dan murah meriah. Tapi kami lebih sering beli. Soalnya grab gojeg banyak. Mamaknya kebanyakan males ha ha ha

    ReplyDelete
  30. Pas banget lagi punya pisang dan kacang hijau. Bisa dieksekusi nih, pisang bakar dan burjo..Ah paduan sempurna saat endung begini

    ReplyDelete
  31. Emang praktis ni..
    Aku save ah, buat praktek brg anak
    Thx ya mbak

    ReplyDelete

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design