Wednesday, March 15, 2017

Aliran Rasa Melatih Kemandirian Anak




            Materi kedua tentang kemandirian ini membuat saya banyak belajar dalam melatih kesabaran mendidik anak untuk belajar mandiri. Perlu konsistensi dan semangat yang luar biasa, baik dari ibunya maupun anaknya. Selain itu, dukungan dari seluruh anggota keluarga juga memberikan dampak pada anak yang sedang belajar melatih kemandiriannya.
            Tidak gampang ternyata, namun terlihat ada perubahan sedikit-sedikit dalam diri anak saya untuk belajar mandiri terutama dalam hal makan sendiri. Masih perlu diingatkan kembali dan membiasakan dimanapun berada. Usia 5 tahun yang memang butuh pendampingan untuk belajar, juga merupakan usia kritis untuk bertanya. Tak jarang ia mengajak saya berdiskusi, mempertanyakan alasannya, dan selalu ingin penjelasan lengkap agar ia tak penasaran dengan keingintahuannya. Kita tak bisa asal bicara, asal meminta, karena memang semua harus dipertanggungjawabkan. Jangan sampai ada kesalahan dalam pemikirannya, karena suatu saat nanti ialah yang menjadi contoh untuk adik-adiknya.
            Saya hanya bisa berusaha melatihnya perlahan, semoga suatu saat nanti ia menyadari dengan sendirinya untuk belajar makan sendiri tanpa diingatkan. Saya yakin dia bisa. Semua yang saya latih adalah untuk kebaikan dirinya dikemudian hari. Walaupun perjuangan belum berakhir, namun semangat haruslah terus dipupuk. Semangat Nafeeza ! You can do it !

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design