Saturday, March 4, 2017

Berlatih Mandiri Lagi


            Belajar untuk mandiri bagi Feeza tak bisa diterapkan dalam 1 hari. Ya … saya yakin butuh proses, proses panjang yang juga melatih Ibunya untuk senantiasa bersabar dan belajar lagi. Hari ini hari ke-5 Feeza berlatih untuk makan sendiri. Setelah hari minggu seharian penuh berjalan-jalan dan tidak beristirahat dirumah, tentunya hari senin butuh berjuang untuk bisa bangun pagi hari.
            Senin pagi diawali dengan adiknya yang bangun. Saya membuatkan sarapan terlebih dahulu untuk adiknya, setelah itu menyuapinya dan mengajaknya mandi. Adiknya yang masih berusia 8 bulan sudah memiliki jadwal rutin untuk bangun dipagi hari. Bahkan dialah yang sering membangunkan saya untuk segera menyiapkan sarapan untuknya. Ok… Zafran (adik nafeeza) sudah selesai, tapi koq Nafeeza masih belum saja bangun ya. Saya pun memanggilnya kembali untuk segera turun. Tak lama kemudian, Ia pun akhirnya turun dan menemui kami.
            Berdasarkan pengalaman, kegiatan pagi hari yang sering menyita waktu untuk Nafeeza adalah makan. Apabila waktu sudah mepet, maka saya memilih unuk memandikannya terlebih dahulu,baru kemudian makan. Supaya waktu makan lebih tenang, dan tak tergesa-gesa. Saya pun menyuruhnya bersiap-siap untuk mandi,dan menggosok gigi. Nafeeza menuruti, mandi selesai, dan Ia segera mengenakan pakaiannya.
            Sarapan kali ini Ia meminta roti isi dan susu sereal. Saya sudah membuatkannya, memotong menjadi empat bagian dan meletakkan sarapan dihadapannya. Menurut saya, roti adalah makanan yang mudah disantap baginya. Sekali hap, dan langsung habis. Namun…dugaan saya salah, ternyata setelah mencoba meminum susu serealnya, Nafeeza hanya menghabiskan ¼ potong roti yang sudah saya sediakan tadi. Hmmm… sabaaarr…mulai lagi deh petualangan. Saya mencoba bernegosiasi, “Nafeeza… tambah lagi dong makan rotinya !”.  Ia hanya meminum susu dan menambah 1 gigit saja, membuat saya greget juga. “ Ayo dong saying… tambah lagi, biar keying”. Yap… tambah satu gigit lagi..dan waktu pun menunjukkan pukul 8 lebih.sudah waktunya untuk Ia segerapergi ke Sekolah.
            Okelah… senin ini sarapan sampai disini dulu,nanti dilanjut lagi belajar makan disiang hari dan malam hari ya.
#KuliahbunsayIIP
#melatihkemandirian
#day5
#level2

                

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design