Thursday, February 23, 2017

Melatih Kemandirian Anak


Mulai hari ini, kamis 23 februari 2017 Kami memulai lagi perjalanan kuliah Bunda Sayang. Perjalanan untuk melatih kemandirian anak-anak kami. Saya mempunyai PR yang cukup melatih kesabaran dalam melatih kemandirian anak, terutama anak yang pertama. Usianya sudah 5 tahun, namun dalam beberapa hal masih sangat tergantung orang tua.  
Berikut beberapa list kemandirian yang saya harapkan dapat dicapai oleh Nafeeza setelah berlatih, diantaranya :
·           Belajar makan sendiri, tanpa jalan-jalan.
·           Belajar merapikan mainan dan buku setelah digunakan.
·           Belajar tidur sendiri
·           Belajar mengambil pakaian sendiri darilemari dengan rapi.
Hal yang terlihat simple dan sederhana, namun pada pelaksanaannya cukup membuat Mamanya melatih kesabaran.
Berlatih makan sendiri sebetulnya sudah sejak lama dibiasakan, namun jika Ia makan dirumah dan disamping Mamanya,entah kenapa selalu saja ingin disuapi. Atau dia berdalih siapkan makanan diatas sendoknya Mah, nanti Aku suap sendiri.    
Hari ini, saya coba dengan menu berbeda, ada mashed potato kesukaannya, ditaburi keju diatasnya. Simple,namun saya berhasil membuatnya mengangkat tangan dan duduk ditempat sampai kentangnya habis. Alhamdulillah sarapan berjalan sukses. Ia masih teriming-imingi bintang jika berhasil, dan selalu ingin dibelikan mainan. Saya pun berusaha menjelaskan,jika hadiah terbaik adalah untukkebaikan dirinya sendiri. Untuk makan siang dan makan malam, masih disuapi, sehingga pelajaran kemandirian ini belum berhasil sempurna. Kebetulan siang dan malam, makannya disuapi oleh Omanya karena sedang berkunjung. Semoga esok bisa lebih baik lagi.
#KuliahbundasayangIIP
#Melatihkemandiriananak
#level2
#day1
  


0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design