Friday, February 3, 2017

Konsisten dan Disiplin itu Perlu

"Ma, aku mau dibacain buku yang ini " ujar Nafeeza ketika saya sedang menemani adiknya tidur dikasur. “Oke, tapi abis dede bobo ya.” Jawab Saya. Sebelum  Nafeeza meminta Saya membacakan buku, Saya memang sudah berjanji padanya untuk membacakan buku.
Ketertarikannya membaca semakin terlihat sejak usianya 4 tahun. Awalnya dia hanya menggunakan e-pen. Semacam alat bantu membaca yang bisa mengeluarkan bunyi dan membacakan sendiri bacaan tersebut. Dulu Ia tertarik dengan Bumi, kemudaian Dinosaurus, Alam, dan Musik. 
Ya … Alhamdulillah dari proses belajarnya itu, Ia bisa mulai membaca sendiri. Tanpa harus Kami ajarkan mengeja dia mulai bisa membaca karena pengulangan kata yang Ia temukan saat membaca.
Dulu, saat usianya masih 1 tahun, Ia memang sudah mulai tertarik dengan nada dan huruf ABC. Matanya selalu memandang televisi dan seolah menghapalkan bagaimana lafal bunyi-bunyian dari huruf tersebut. Beranjak 2 tahun, Saya selalu mengulang membacakan buku cerita yang sama. Berhubung masih balita, maka buku yang dipilih adalah buku yang banyak gambarnya. Ia mulai tertarik, bahkan akhirnya hapal isi buku ceritanya dan sudah bisa menceritakan apa isi bukunya sama seperti ketika Saya membacakan cerita. 
Pernah suatu ketika, Saya sedang memasak didapur, akhirnya Saya tinggalkan Ia sendirian diruang tengah. Tak sengaja saya mendengarnya membaca buku,sama persis seperti ketika saya membacakan cerita. Perlahan-lahan, saya mulai menambah koleksinya. Bahkan, jika saya kebingungan bagaimana cara menasehatinya agar mau makan sayur, berani tidur sendiri, dan berani ke dokter, lebih ampuh jika saya membacakan buku tentang semua itu terlebih dahulu. Ia akan lebih antusias mendengarkan,bahkan meminta saya mengulang ceritanya.
Bukan hanya membaca, agaknya Ia meyukai mendongeng dan bisa mempraktekkannya ketika sedang bersama adiknya berdua. kadang,saya tinggalkan mereka ketika saya sedang sibuk memasak didapur. Ia mengambil boneka anjing, dan mulai bercerita karangannya sendiri. Saya memang sering mendongengkan cerita karangan saya ketika Saya sedang benar-benar mengantuk, dan Ia minta Saya bercerita. Tak disangka, Ia bisa mempraktekkannya kembali didepan adiknya. 
Alhamdulillah hasil dari konsisten dan disiplin belajar membaca membuatnya semakin pandai. Saya pun harus belajar disiplin melawan kantuk,dan mau konsisten mendongeng jika Ia meminta Saya bercerita kembali. 

             #Tantangan10hari
#day3
#Komunikasiproduktif
#KuliahBunsayIIP 
        
    


0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design