Wednesday, April 17, 2019

Aliran Rasa Komunikasi Produktif dalam Keluarga



Komunikasi Produktif

Alhamdulillah tugas T10 telah selesai dikerjakan. Ada banyak hikmah yang dapat diambil setelah melaksanakan tugas tersebut. Semakin menyadari bahwa komunikasi adalah kunci kita bisa berinteraksi dengan orang lain.

Cara kita bertutur kata, baik dengan pasangan maupun dengan anak, banyak perbaikan setelah menjalankan tugas ini.
Materinya tepat, langsung dipraktekkan apalagi. Lebih mengena dan membekas dalam hati.

Setiap kita berbuat dan ada sesuatu yang mengusik kesabaran, selalu teringat akan materi ini. Rasanya diingatkan terus menerus bagaimana seharusnya mengambil sikap.

Memang benar, komunikasi yang baik didukung oleh ilmu tentang komunikasi yang mumpuni. Terasa sekali bukan hanya ucapan verbal yang membuat penerima mampu mengerti apa yang dimaksud oleh pembicara. Faktor lainnya yang berpengaruh adalah intonasi dan gestur tubuh.

Kini anak sudah bisa mengerti ketika ibunya sedang marah, sedih, maupun  bahagia ketika gestur tubuh sudah terlihat walaupun suara belum terucap.

Semoga setelah belajar komunikasi ini, saya lebih baik dalam berkomunikasi dengan suami dan anak-anak. Kami dapat saling mengerti satu sama lain. Mengurangi, bahkan menghilangkan nada tinggi, berbicara lebih baik, dan tidak lagi menggunakan ego anak kecil ketika sedang berhadapan dengan permasalahan. Insya Allah bisa, Aamiin.

#AliranrasaKomunikasiProduktif
#Gamelevel1
#Tantangan10hari
#Kuliah Bunda Sayang
#KomunikasiProduktif
@institut.ibu.profesional

1 comments:

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design