Wednesday, April 10, 2019

Mendadak Liburan dengan Anak Tanpa Mainan? Enjoy Aja Lagi


Halo Mama, apa kabar?

Kali ini saya mau berbagi pengalaman ketika tiba-tiba suami mengajak liburan bersama anak-anak.

Rencana yang tiba-tiba pastinya membuat kami senang sekali. Bagaimana tidak, biasanya liburan harus menanti suami cuti dan pas dengan jadwal libur anak sekolah.

Walaupun perginya hanya sekedar beberapa hari, namun karena mendadak ada saja beberapa item yang tertinggal. Mulai dari mainan kesukaan, sikat gigi, atau barang perintilan lainnya.

Jika tempat liburan di kota, kami bisa membeli barang yang kami butuhkan secara dadakan. Namun, kalau harus membeli mainan mahal di tempat wisata, rasanya sayang ya. Mengingat di rumah banyak mainan yang masih bisa digunakan. Kalau harus beli lagi, kan jadi pemborosan. Hehehe... Emak irit mode on.

Nah, ada beberapa tips yang dapat dilakukan jika mainan yang disukai anak-anak tertinggal. Hal ini bisa menjawab kegundahan kita sebagai emak-emak jika anak rewel ditengah liburan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah :

# Bermain Peran

Anak saya senang sekali jika diajak bermain peran. Kita bisa menggunakan barang yang ada di sekitar. Entah itu sisir, minyak kayu putih, bedak, dll. Anak akan semakin kreatif membuat cerita sendiri, menambah kosakatanya. Biasanya mereka tak mau jika Mamanya ikut main, menganggu katanya. Alhamdulillah, bisa me time😁

# Bermain Menumpuk Benda

Barang yang dibawa untuk liburan tentunya terbatas. Tidak semua mainan anak bisa dibawa. Nah, untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan barang berupa kosmetik yang dibawa, untuk ditumpuk. Kalau anak saya bilangnya main gedung-gedungan. Kadang dia asyik sendiri menyusun barang hingga menjadi gedung yang tinggi.

#Bercerita dan Mendongeng

Bingung tak ada yang dapat dilakukan, biasanya saya membawa anak-anak ke kasur. Untel-untelan sambil bercerita. Mereka akan merespon apa yang saya ceritakan. Menambahkan ceritanya sesuai ide masing-masing. Makin asyik lagi jika mendengar suara aneh yang ditimbulkan saat mendongeng, disertai gerakan gestur tubuh kita yang menarik untuk mereka.
Kadang mereka tertawa, kadang terlihat ketakutan, atau terharu. Seru deh pokoknya.

# Bermain Petak Umpet

Ini permainan ampuh yang dapat dilakukan untuk melupakan waktu dikala bosan. Mereka senang bersembunyi mencari tempat yang aman. Lucunya, karena kedua anak saya masih kecil, mereka malah menampakkan diri setelah saya selesai menghitung. Padahal seharusnya tetap bersembunyi, hehehe...
Namanya juga anak-anak ya. Sudah diberi tahu aturan main, tetap saja datang dan mencari mamanya. Mungkin mereka takut bersembunyi di tempat gelap.

# Berjalan-jalan Melihat Pemandangan

Kala anak sedang rewel di tempat wisata, biasanya ia akan diam saat diajak berjalan-jalan. Semakin senang jika menemukan jajanan khas yang jarang ditemui. Es krim misalnya, jika cuaca sedang panas, pastinya menjadi pelepas dahaga yang menyenangkan.

#Bermain Tebak-tebakan

Kita bisa menciptakan ide kreatif bermain tebak suara, tebak lagu, atau pertanyaan lucu yang membuat anak harus menebak apa jawaban yang benar. Kami sering saling berpandangan karena kesulitan mencari jawaban. Eh, taunya jawabannya nyeleneh diluar dugaan kami. Walau begitu, tetap asyik loh, Mams.

Permainan ini cukup efektif membuat anak kembali ceria dan tidak cranky serta dapat menghabiskan waktunya bermain bersama.

Nah, semoga tips diatas bisa membantu ya, Ma. Saya biasanya mencoba tips diatas ketika anak-anak rewel. Alhamdulillah berhasil, dan anak-anak tetap enjoy menikmati liburan.

Selamat mencoba Mama, semoga berhasil ya. Salam sayang saya untuk si kecil.




#LiburanbersamaAnak
#FamilyTime



23 comments:

  1. Aku malah gak kepikiran mainan numpuk benda..padahal iyayah bisa banget dari peralatan make-up emak. Hihi...

    ReplyDelete
  2. mainan bisa dari mana aja, bahkan hanya menggunakan anggota tubuh. Tetap seru yaa liburannya.

    ReplyDelete
  3. bagus nih ide liburannya, selain liburan bisa juga merangsang motorik anak. selamat liburan bunda

    ReplyDelete
  4. List kegiatannya seru-seru banget itu. Meski sederhana tapi bisa jadi seru

    ReplyDelete
  5. Wah iya, kadang kalo pas perginya dadakan banyak yang kelupaan dan kalo udah gitu anak bisa bete karena mainannya ketinggalan..ide yang bagus buat menyiasati agar liburan tetep asyik

    ReplyDelete
  6. Wah, bagus juga idenya. Kadang saya suka mati gaya. Hehe ... Boleh dicoba sesekali. Buat anak lelaki enggak main make up deh. Kayaknya bermain peran boleh juga

    ReplyDelete
  7. bermain tanpa mainan pun bisa asyik juga ternyata ya. malah bisa mengeskplor lebih banyak kemampuan anak.

    ReplyDelete
  8. iiih kereeen.. kalau aku: bawa anak ke playground hahahah

    ReplyDelete
  9. Main bersama anak, dengan mainan atau tidak, akan selalu menyenangkan dan bikin suasana tambah semarak. Selalu seru dan menggembirakan

    ReplyDelete
  10. Sebenernya anak-anak itu super kreatif, mau dapet tas kresek sama daun kering yang jatuh dari pohon, tetep ajaaaa bisa dimainin��

    ReplyDelete
  11. hehehe, aku pernah mengalami ini juga mbak. akhirnya ibunya kudu memutar otak mencari ide untuk mengajak mainan. Tapi justru lebih seru loh mbak bermain dadakan begini, momen kebersamaan keluarganya sangat terasa sekali. Jadi dapat goal family timenya hehehe

    ReplyDelete
  12. Permainan yang paling menarik bagi anak memang bukan mainan yang mahal, tapi kesediaan orang tua menemani mereka bermain. #psst, itu kata pakar parenting, lho.

    ReplyDelete
  13. Malah salah fokus ke anaknya. Masyaa Allaah, lucu banget sih diaa...

    ReplyDelete
  14. Boleh juga nih ide permainannya. Yap bermain nggak mesti dengan mainan mulu ya mbak, karena masih banyak juga bentuk permainan tanpa alat main seperti yanh Mbak sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  15. Selalu ada jalan menuju roma ya, mba. Hehe.. saat bersana anak walau mainan kesayangannya tertinggal pasti ada saja yang bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  16. Liburan tanpa mainan kayaknya harus aku terapkan juga untuk anakku mba soalnya dia Uda tau gadget ini Uda level bahaya

    ReplyDelete
  17. Masyaa Allah.. Mama yg kreatif banget mbak.. Memang harus pinter2 kita tuh nemani anak main ya . kebanyakan mama2 sibuk dengan gadget bahkan tak jarang anakpun diberi gadget biar anteng..

    Kebetulan anak saya ciwi-ciwi.. Mainan yang lagi disuka salon-salonan. Kasih sisir, sama make up (jangan yg mahal-mahalan ya), asik deh dia make up in mamanya. Tapi hasilnya hangan ditanya, kayak mau ngelenong wkwkwk..

    ReplyDelete
  18. Tips nya blh juga nih mba. Jd anak ga rewel ya saat bepergian tanpa mainan. Mksh mb

    ReplyDelete
  19. Keren tipsnya mb.saya kadang kehabisan ide klo bawa anak anak jalan mb. Apalagi anak anak cepat bosan kan. Terima kasih tipsnya mb

    ReplyDelete
  20. Yay... punya tambahan list mainan, apalagi anak2 tuh sukak bosenan sama mainan nya..

    ReplyDelete
  21. wahh hebaat bisa bisa lepas dari mainan, pasti anak-anak juga suka kalau permainan pengganti mainan juga seru dan nggak membosankan

    ReplyDelete
  22. Malah bisa bikin si ibu kreatif ya.. Dan permainan jadi bervariasi juga.si anak tentu juga gembira, bonding dengan bunda semakin kuat..

    ReplyDelete
  23. Walaupun tidak bawa banyak mainan tapi tetep bsa main ya bund. Permainan tanpa mainan ini malah bisa melatik kreativitas anak...

    ReplyDelete

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design