Wednesday, August 2, 2017

Ayo Cari Bentuk Lingkaran



       Hari kedua belajar matematika, kami masih membahas mengenai geometri. Kali ini kami mencari lingkaran dalam berbagai bentuk yang ada ditempat bermain. Kebetulan saat itu, banyak barang yang bisa dijadikan contoh untuk belajar.
          Lingkaran merupakan bentuk dalam matematika yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Benda yang digunakan Zafran dan Nafeeza untuk bermain, banyak yang berbentuk lingkaran. Perlahan Nafeeza mulai menyebutkan satu per satu contoh bendanya, misalnya saja : Bola, lampu, kelereng, roda ban mobil, setir mobil-mobilan Zafran, balok kayu, dan lain sebagainya. Nafeeza sudah lancar menyebutkan bentuk lingkaran disekitar tempatnya bermain. Zafran mendengar dan meraba mainannya sambil melemparnya keatas. Roda ban diputar-putar olehnya, pertanda benda yang berbentuk lingkaran bisa bergerak bebas kesana-kemari. Zafran yang masih dalam tahap awal mengenal bentuk, mulai merasakan permukaan yang disentuhnya. Ia mndengarkan penjelasan kakaknya sambil melatih indera perabanya.   
          Setelah menemukan bendanya, kami mulai berhitung bersama-sama. Sambil melihat sekeliling, menyebut dan menghitung berapa jumlah lingkaran yang ada di tempat main. Alhamdulillah Nafeeza sudah lancar menghitung berapa banyak jumlah lingkaran yang ada disana. Ternyata ditemukan 10 lingkaran dalam berbagai bentuk.
          Pelajaran kami selanjutnya adalah mengurutkan bentuk terkecil sampai terbesar. Kebetulan ada berbagai bola dalam beragam ukuran. Nafeeza sudah bisa melihat mana benda yang paling besar, mana yang paling kecil, dan perbandingan benda diantar semuanya. Zafran ikut melihat dan memperhatikan kakaknya. Alhamdulillah kegiatan matematika hari kedua pun berjalan lancar. Semoga esok hari semangat mereka masih tetap terjaga. Aamiin…

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day2




0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design