Saturday, August 5, 2017

Gambar dan Angka dalam Matematika


            Saat saya sedang melihat beranda facebook yang suka menjual buku-buku bekas namun kualitasnya masih bagus, saya tertarik dengan buku “Match The Number”. Simple dan menarik minat karena hanya dipenuhi gambar dan angka. Saya merasa ini akan cocok untuk Nafeeza yang baru belajar mengenal angka dan jumlah bilangan. Saya membelinya saat usia Nafeeza masih 4 tahun.
Setelah memilikinya, benar saja Nafeeza cepat menangkap apa yang dimaksud berhitung dalam buku ini. Setiap halamannya bisa diubah dan disesuaikan antara angka dengan jumlah benda yang mewakili angka tersebut. Misalnya angka 1 diatasnya harus sesuai dengan jumlah benda dibawahnya yang hanya ada 1, atau bisa juga mencocokkan jumlah barang yang ada diatas dengan benda yang ada dibawahnya. Buku ini sangat membantu bagi para orang tua yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan alat peraga. Perlahan anak mulai bisa menghitung dengan mencocokkan gambar atau angka.
Buku yang sangat menyenangkan untuk para pemula. Zafran berlatih matematika sambil memperhatikan kakaknya menghitung. Saya mengenalkan terlebih dahulu gambar apa yang ada di buku tersebut. Kemudian, kakaknya membimbingnya menghitung berapa jumlahnya. Dengan begitu Ia belajar sekaligus, mengenal benda baru, dan menghitung jumlahnya. Walaupun zafran belum paham mengenai tulisan angka, namun semangat belajarnya tak kalah dengan kakaknya. Ia menyimak penjelasan kami dan ikut membolak-balikkan halaman buku.
Nafeeza yang sudah bisa berhitung, kemudian saya latih untuk bisa menuliskan angka setiap harinya. 1 hari 1 lembar buku. Kali ini angka yang ditulis adalah angka 14. Alhamdulillah Ia berhasil menyelesaikan tantangan dari saya. Semoga semangat kalian selalu terjaga ya Nafeeza dan Zafran.

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#Level6
#MathAroundUs
#I Love Math
  
    


0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design