Saturday, August 5, 2017

Mari Belajar Berhitung


Hari kelima belajar matematika kami memfokuskan diri pada berhitung. Ya… menghitung semua benda yang ada disekitar. Saat sedang bermain di tempat main, saya melihat dinding yang ditempelkan gambar pohon literasi. Oleh karena itu tercetuslah ide untuk menghitung jumlah daun yang ada digambar pohon tersebut. Daun yang mewakili buku atau artikel yang sudah kami baca. Ada 3 warna daun, hijau tua, hijau muda, dan kuning tua. Semua mewakili pemiliknya yang berbeda-beda. Daun itu milik saya, Nafeeza dan Zafran.

Daun yang berwarna kuning adalah milik Nafeeza, lalu kami mulai menghitungnya, dan ternyata ada 14 daun, daun hijau muda milik saya ada 10 daun, dan daun hijau tua milik Zafran ada 8 daun. Wow… Nafeeza pemenangnya. Hobinya membaca buku sejak umur 4 tahun, memang sudah menyiratkan bahwa Ia akan menjadi pemenang.

Pelajaran selanjutnya hari kelima adalah mengenal cara membaca jarum jam. Kebetulan ada mainan berbentuk jam yang tergeletak ditempat kami bermain. Saya mengajarkan Nafeeza cara membacanya. Jarum yang pendek menunjukkan jam berapa saat ini, sedangkan jarum panjang menunjukkan menitnya. Setiap angka menggambarkan menit dalam skala 5 menit, jika jarum panjang bergerak ke angka 1 artinya lebih 5 menit, angka 2 artinya lebih 10 menit. Agaknya dalam pelajaran jam ini Nafeeza masih berusaha mencerna, Ia belum paham betul maksud penjelasan saya. Tak apalah, ini bisa dijadikan perkenalan untuk Nafeeza. Zafran melihat mamanya menggerakkan jarum jam, Ia mengikuti saya dan menggerakkan jarum jam ke kanan dan ke kiri. Selain belajar arti jarum jam, angka yang tertera juga bisa dipelajari lagi. Mulai kembali berhitung 1-12. Memahami cara penulisannya, dan urutan angkanya.

Media jam bisa menjadi sarana belajar matematika yang beragam. Agar tidak mudah bosan, saya mengajak Zafran dan Nafeeza berhitung sambil bernyanyi. Zafran mulai mengikuti irama sambil menggerakkan tubuhnya, sedangkan Nafeeza ikut bernyanyi bersama saya. Alhamdulillah belajar matematika menyenangkan buat mereka. 

#Tantangan10hari
#Level6
#KuliahBundaSayang
#MathAroundUs

#ILoveMath

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design