Friday, September 22, 2017

Menabung di Celengan


            Game level 8 kali ini mengajarkan anak untuk memaknai rejeki pemberian Allah. Rejeki tersebut salah satunya adalah harta yang bisa dibelanjakan oleh kita untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, seringkali kita lalai dalam membelanjakan harta tersebut. Ada beberapa pos keuangan yang mungkin bukan tahap kebutuhan namun kita sering membelanjakan uang untuk hal tersebut. Dalam hal ini kita perlu menyiasati dan memberi teladan pada anak kita apa arti uang, bagaimana cara membelanjakannya, dan bagaimana cara membedakan antara kebutuhan dan keinginan untuk membeli, serta bagaimana cara untuk memperoleh uang.
            Tahap pertama, kami mengenalkan arti menabung dan celengan sebagai medianya. Anak saya yang paling besar kini berusia 6 tahun. Sejak usianya 3 tahun, kami sudah mengenalkan celengan untuk menabung. Kami memberinya pengertian jika memiliki uang sebagian harus ditabung untuk kebutuhan kita suatu saat nanti. Paham akan hal tersebut, Ia senang sekali jika mama papanya memberikan uang untuk dimasukkan ke dalam celengan. Semakin lama celengannya bertambah berat, hingga sudah menjadi kebiasaan baginya jika menemukan uang tergeletak di meja, ia langsung memasukkannya kedalam celengan. Ada rasa bangga yang terlihat karena celengan miliknya sudah  hampir penuh. Kini, jika ia memiliki keinginan dan saya memberitahukan kalau harga barangnya cukup mahal, maka dengan cepat Ia akan menjawab, “Kita nabung dulu ya Ma.”
 Di Sekolah, saat temannya berulang tahun ada yang memberikannya hadiah celengan. Berhubung celengan miliknya sudah penuh, ia mulai mengisi celengan barunya. Ia senang melihat celengan miliknya. Bahkan terkadang kalau kami bercanda tidak punya uang, ia langsung berkomentar, “kan aku punya banyak uang di celengan.”     
            Anak saya yang kedua baru berusia 15 bulan. Ia belum paham mengenai konsep menabung, namun senang sekali melihat uang koin. Ia belajar memasukan bentuk lingkaran ke dalam lubang celengan. Beberapa kali meminta saya untuk memberinya uang koin agar bisa dimasukkan kedalamnya. Walaupun masih pengenalan, saya senang mereka sudah bisa memahami arti menabung dalam celengan. Semoga suatu saat nanti saat kau buka celenganmu, kau bisa membeli barang yang kau inginkan ya, Nak.
#Tantanganlevel8
#KuliahBundasayangIIP
#Tantangan10hari
#Rejekiitupastikemuliaanharusdicari
#CerdasFinansial
#day1

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design