Saturday, September 30, 2017

Ingin Anak Cerdas Finansial ? Simak Tipsnya

 Setiap Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Dalam hal mengelola keuangan, belajar sejak dini merupakan pilihan tepat agar menjadi kebiasaan kelak saat ia dewasa. Lalu bagaimana cara agar mereka mau belajar mengelola keuangannya ?

Mari simak beberapa tips berikut ini :

a. Berikan contoh keteladanan mengelola keuangan

Sebelum berharap terlalu jauh, mari kita melirik diri sendiri terlebih dahulu. Apakah kita sudah mencontohkan pengelolaan keuangan yang bijak?
Berikan contoh bagaimana membelanjakan uang yang baik. Salahsatunya dengan mengedepankan prioritas kebutuhan, bukan keinginan. Jika sedang berbelanja ke swalayan membeli kebutuhan bulanan, kita bisa mengajak mereka untuk melihat kebutuhan rutin sehari-hari.

b. Buat Pola Pembelanjaan Keuangan Rutin

Perkenalkan kepada anak pos pembelanjaan rutin. Mana yang pokok dan yang tidak. Ajak anak untuk mengenal setiap pos pengeluaran. Dengan demikian, jika anak memiliki keinginan untuk jajan atau membeli barang tertentu, ia akan mengetahui mana yang harus didahulukan.

C. Disiplin dan Tidak Menawarkan Pembelian Barang

Terkadang jika sedang berbelanja atau jalan-jalan ada barang-barang lucu yang ingin dibeli. Pastinya kita selalu ingat dengan anak kita tercinta. Godaannya sungguh berat, hehehe...
Namun demikian, kita perlu membiasakan untuk menanamkan kebutuhan yang utama, baru keinginan. Jika kita terbiasa menawarkan barang, walaupun ia tidak memintanya atau membutuhkannya, maka ia akan terbiasa meminta barang tersebut bahkan dengan memaksa.

D. Ajarkan Cara Memperoleh Uang

Melalui program Market Day, atau program lainnya, kita bisa mengajarkan anak cara memperoleh uang. Ajarkan bagaimana caranya berjuang, uang tidaklah mudah untuk didapat.

Saya sudah mulai melaksanakan keempatnya perlahan. Kedua anak saya diajak berbelanja untuk kebutuhan pokok. Selain itu, market day sudah dilaksanakan di sekolah. Semoga semakin besar kedua anak saya bisa mengelola uang lebih bijak lagi. Aamiin.

#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#GameLevel8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
#Day8

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design