Saturday, September 30, 2017

Market Day is A Big Day

"Ma, aku mau siap-siap buat besok ya." Ujar Nafeeza. Besok ada kegiatan Market day disekolah. Ini bukan kali pertama kegiatan ini diadakan. Nafeeza sudah berpengalaman dan menjadi penjual sebanyak 3 kali. Senang rasanya, ia sudah bisa mengenal uang dan fungsinya. Uang yang diperkenalkan memang belum sebanyak orang dewasa. Ia masih perlahan belajar angka nominal uang yang tertera di lembaran 2000. Tugasnya kali ini berperan sebagai penjual lagi. Ia harus tahu harga barang jualannya, serta berapa banyak uang yang harus ia terima.

Sedikit cerita, market day memang rutin diadakan di tempat sekolah anak saya. Secara bergiliran semua berperan menjadi penjual dan pembeli. Melalui kegiatan ini diharapkan mereka mengerti fungsi uang dan nominal uang sebagai alat tukar. Selain itu, mereka paham bagaimana cara mendapatkan uang dan penghasilan yang didapatkan dari berjualan.

Beberapa kali berpengalaman sebagai penjual dan pembeli memang tidak membuat saya khawatir lagi seperti pertama kali ia berperan sebagai penjual. Ia sudah mengerti, harga barang jualannya 4000 rupiah. Artinya, uang yang harus diterima dari masing-masing pembeli adalah 2 lembar uang 2000 rupiah. Sebelum menyerahkan barangnya, ia diajarkan untuk melakukan akad jual beli. Artinya pembeli diberitahukan berapa harganya kemudian ia mengucapkan ingin membeli barang dan menyerahkan uangnya pada penjual. penjual menerima uang dan menyerahkan barang, kemudian mengucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat. Alhamdulillah anak-anak sudah paham semua.

Persiapan malam hari pun dimulai, menyiapkan kotak uang penerimaan, daftar harga. Kotak untuk display barang, kertas origami sebagai hiasan, uang 2000 rupiah sebanyak 7 lembar (karena Nafeeza bergiliran sebagai pembeli), dan barang jualannya.

Nafeeza berjualan buntil dan kue kroket serta dadar gulung. Setelah dihitung buntil ada 24 buah, kue ada 15 paket. Semua dibandrol 4000 rupiah. Alhamdulillah proses jual beli lancar. Semua barang jualannya laku terbeli. Senang sekali ekspresinya, saat uang hasil jualannya banyak. Semua dikumpulkan dalam satu kotak, dan ia berniat menabung untuk keperluannya kelak. Sungguh bahagia rasanya melihat anak sulung saya sudah mengerti fungsi uang. Semoga bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat dikemudian hari.

#gamelevel8
#cerdasfinansial
#kelasbunsayiip
#day3
#RejekiitumilikAllahKemuliaanyangdicari

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design