Saturday, September 30, 2017

Lapar ? Buat Camilan Sendiri, Yuk !

Hai Emak semua, "apa anaknya senang camilan?"

Toss...kita sama Mak. Anak saya yang sulung sangat menyukai camilan homemade buatan emaknya. Biasanya dia meminta saya membuatkannya saat benar-benar lapar. Tandanya biasanya ia akan meminta saya dengan sedikit memohon. "Tolong dong Ma, bikinin aku kue bolu pisang."
Hmmm... kalau sudah begini, sepertinya saya tak bisa menolak, apalagi jika anaknya mengancam mogok makan. Walhasil, mau tak mau ya mengeluarkan segala peralatan membuat kue.

Mixer, timbangan kue, whisk, sendok, garpu, dan bahan kue lainnya. Kue bolu pisang memang bukanlah cemilan yang baru dibuat. Ini salah satu cemilan favorit anak saya, Nafeeza.

Sejak kecil, saya memang berusaha membuatkannya cemilan dirumah. Selain sehat, kebersihannya terjaga, juga kualitasnya dijamin enak. Manfaat lainnya kita bisa menghemat uang.

Biasanya resep camilan saya pilih dari bahan yang mudah didapat, dan harganya murah. Bolu pisang contohnya. Bolu pisang terbuat dari terigu serbaguna, pisang ambon, gula pasir, garam, telur, dan vanili. Ditambah mentega yang dilelehkan atau minyak sayur, serta taburan keju parut.

Caranya sederhana, hanya mengocok telur , gula pasir , garam dan vanili dengan mikser. Kemudian tambahkan pisang dan terigu( campuran terigu dan soda kue) setelah adonan putih berjejak. Terakhir masukkan mentega cair, kemudian panggang dalam oven. Panggang selama 45-50'.

Tadaaa.. selesai deh. Keluarkan dari oven. Camilan sederhana pun siap dinikmati bersama.

Camilan homemade, salah satu trik menyiasati keuangan keluarga.

Untuk lebih lengkapnya, berikut takaran untuk masing-masing bahan .
- telur 4 buah
-gula 240 gr
-garam setengah sdt
-vanili secukupnya
-terigu 310 gr
-minyak atau mentega 300ml atau 240 gr
- keju parut untuk taburan
-pisang 4 buah-6 buah tergantung ukuran
-1/2 sdt soda kue

Selamat mencoba ya, Mak. Semoga berhasil.

#Tantangan10hari
#gamelevel8
#KuliahBundaSayangIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanYangDicari
#CerdasFinansial
#day6

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design