Saturday, September 30, 2017

Ayo Pilah Uang Tabunganmu

Nafeeza kini mulai memahami fungsi uang. Setelah perolehan jualannya ditabung, Ia mencetuskan ide untuk membeli lagi celengan baru yang besar untuk menabung selanjutnya, karena celengan lamanya sudah penuh. Mendengar idenya, saya menawarkan alternatif lain untuk membuat celengan sendiri.

Ide membuat celengan sendiri sebenarnya sudah lama terbersit. Namun, pelaksanaannya belum juga dikerjakan. Selain sibuk dengan kegiatan rutin, saya memang belum sempat membuatkannya. Saya mengajukan ide membuat celengan dengan memanfaatkan botol bekas susu herbalife yang ada dirumah. Kebetulan neneknya yang mengkonsumsi rutin, memiliki banyak botol bekas herbalife tersebut.

"Nafeeza, kita buat celengan dari botol bekas,yuk!" Ajak saya. "Kita buat 3 celengan , 1  untuk menabung (digunakan untuk keperluan mendadak yang mendesak), 1 untuk sedekah, 1 lagi untuk jatah jajan Feeza," Ujar saya.
Kita hias botolnya dengan cat acrilic dan menempelkan kertas decoupage sebagai hiasannya. Nafeeza setuju dengan ide saya. Kini jika mempunyai uang, maka akan ada 3 pos pengeluaran sesuai rencana.

Kami mulai mengumpulkan botol bekasnya, menyiapkan catnya, dan kertas napkin decoupage. Sementara ide ini masih dalam tahap perencanaan karena kami belum berkunjung lagi ke rumah nenek Nafeeza. Walaupun begitu, jika ada uang Nafeeza tidak terus menerus minta jajan.

Satu minggu sekali saya memberinya jatah jajan, dan jika kebetulan sedang berkunjung ke masjid, Nafeeza mengingatkan saya untuk memasukkan uang ke kotak amal. Sementara sisa uang lainnya ditabung dalam dompet.

Saya berharap rencana kami segera terealisasi. Menyenangkan jika kita menghitung uang yang terkumpul walaupun jumlahnya belum besar. Belajar memilah pengeluaran untuk tabungan, sedekah, dan uang jajan ternyata mengasyikkan loh. Ayo kelola uang kita, Ma😀

#Tantangan10Hari
#GameLevel8
#KuliahBundaSayangIIP
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
#day7

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design