Monday, November 27, 2017

Mari Berpikir Kreatif Bersama Ananda

Aliran Rasa Game Level 9 Think Creative


            Semua anak diciptakan kreatif oleh sang Pencipta.setelah mengamatinya selama 10 hari, banyak ide tak terduga yang bisa menjadikannya semakin kreatif dalam berpikir dan bertindak. Kita sebagai orang tua tinggal menemani dan mengarahkan ide kreatifnya. Bahkan ia dapat pula berjalan tanpa didampingi, menyelesaikan karyanya kemudian memberikannya pada kita.
            Ide kreatif anak berasal dari dirinya sendiri, melihat lingkungan sekitar, media online, maupun hasil membaca dari buku. Ternyata mereka mampu membuat karya baru, atau membuat modifikasi dari hasil karya yang sudah ada. Nafeeza paling senang dengan permainan katanya. Tanpa diingatkan, belajar membuat kalimat dan merangkainya menjadi sebuah cerita kemudian didongengkan menjadi aktivitasnya sehari-hari yang membuatnya ketagihan.
            Sore hari menjelang magrib, biasanya ia mengajak saya bertukar cerita untuk saling berbagi dan mendengarkan dongengnya. Lucunya, sekarang ia juga sering mengikuti saya menuliskan dongeng hasil pemikirannya di notes Hp atau blog. Ya… mungkin ini yang disebut buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

            Kreatif  juga sering tercipta ketika otak dipacu untuk berpikir, saat waktu semakin sempit. Biasanya ide malah bermunculan secara tidak diduga. Hehehe… itu sih saya yang suka mepet Deadline. Nafeeza juga sering mempraktekkan ini. Ide ceritanya seringkali muncul tiba-tiba begitu saja, ketika ia sedang mengamati lingkungannya.
Saat pulang sekolah ia menempelkan stiker boneka di kulkas. Sambil mengamati boneka itu, kemudian ia berkata, “Ma, aku udah punya ide cerita tentang boneka ini. Ceritanya tentang Hana dan temannya yang….” Saya mendengarkannya sambil beres-beres di dapur. Benar ya…ide kreatif memang cepat mengalir, jika tidak segera dikerjakan atau ditulis, kita bisa lupa dan kehilangan ide tersebut.
Nah… kalau Bunda punya ide kreatif apa untuk bermain bersama anak-anak?
#AliranrasaBunda
#KelasBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

#ThinkCreative    

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design