Wednesday, November 15, 2017

Bermain Air Melatih Kekuatan Otot Tangan

Bermain Air Melatih Kekuatan Otot Tangan

            Kali ini game level 9 kelas Bunda Sayang yang saya ikuti memiliki topik melatih kreativitas. Anak, Ibu, dan Ayah bisa terlibat didalamnya. Kreativitas tercipta dari 3 proses, menumbuhkan kembali cara kreatif yang sudah ada, memodifikasi ulang cara yang ada dengan tambahan inovasi, dan membuat inovasi yang baru. Semua anak dilahirkan kreatif dan memiliki pola piker yang berbeda satu dengan yang lain. Kita hanya tinggal melihat, mengamati, dan mengarahkan.
            Awalnya saya belum mempunyai ide untuk bermain dengan anak-anak. Seperti biasa setiap pagi anak yang sulung sudah berangkat ke sekolah, sambil mengisi waktu menunggu kakaknya pulang, saya dan Zafran anak saya yang kedua mulai bermain. Awalnya saya hanya membiarkannya berjalan di halaman depan. Melatih otot kakinya yang sedang melancarkan jalan agar seimbang. Namun lama kelamaan ia merasa bosan. Saya mengajaknya masuk kedalam rumah.
            “Aha, Mama ada ide Zaf, Kita main air yuk!” ajak saya pada Zafran.
Saya menyiapkan baskom, wadah dari berbagai ukuran dan bentuk, serta corong dan gelas takar. Saya mengisi gelas takar tersebut dengan air 500 mL. zafran terlihat gembira dan antusias melihat air. Saya memberinya contoh,bagaimana cara menuangkan air kedalam botol, kemudian menuangkannya lagi kedalam tempat minum, dan seterusnya. Hingga semua tempat terisi air secara bergantian. Saya mencontohkannya dengan menggunakan bantuan corong.
            Zafran mulai mencobanya sendiri, Otot tangannya memang terlihat lebih kuat sekarang. Dia sudah mampu mengangkat benda-benda yang sedikit lebih berat dan memindahkannya kelain tempat. Perlahan Ia menuangkan air. Mulanya menuangkan ke pinggir, tepatnya samaseperti menumpahkan air, kemudian saya mencontohkan dengan menggunakan corong, kini ia menuang air tidak tumpah terlalu banyak.
            Tak terasa waktu semakin bergulir, jarum jam dinding sudah menunjukkan pukul 11 siang, waktunya Zafran makan buah dan istirahat. Senang sekali rasanya melihat Ia aktif mencoba, walaupun baginya dirasa sebagai sebuah permainan, namun sebetulnya Ia sedang melatih kekuatan tangannya dengan permainan sederhana. Terima kasih sayang, Mama senang dan bangga atas semua usahamu.
#Gamelevel9
#kelasBundaSayang
#InstitutIbuProfesional
#Thinkcreative
#Tantangan10hari
#Day1

            

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design