Wednesday, November 15, 2017

3 Biji Tanaman yang Bisa Ditanam Ulang


            Berbagai biji tumbuhan sering kita jumpai dari sisa makanan yang kita makan. Terkadang kita lupa akan manfaatnya yang bisa ditanam kembali hingga menjadi tanaman yang bermanfaat. Beberapa kali hanya membuangnya, dan masuk ke dalam tempat sampah. Teringat pelatihan berkebun yang pernah saya ikuti, saya mencoba mengeringkan 3 biji tanaman yang berasal dari sisa makanan ini, yaitu biji melon golden, biji kabocha dan biji cabai hijau gendot.

            Saya mencoba menanam 3 biji tersebut pada pot yang ada di halaman rumah. Sebelumnya, tanah yang ada saya gemburkan dengan mengaduk-aduk tanahnya, kemudian mencampurnya dengan sekam. Kebetulan saya memang membeli beberapa karung tanah yang sudah dicampur dengan kompos sebelum saya melahirkan anak kedua. Namun sempat terbengkalai setelah saya melahirkan.

            Setiap hari saya menyiramnya bersama kedua anak saya. Senang sekali setiap hari mengamati biji tanaman yang mulai tumbuh perlahan. Saya bisa menyisipkan pelajaran biologi didalamnya mngenai bagian tanaman. daun, akar, batang,bunga, dan jenis-jenis daunnya. Kini mereka sudah mengenal kebiasaan menyiram setiap pagi dan sore hari.

            Setelah pengamatan beberapa hari, kini mereka sering melaporkan sendiri jika melihat ada perkembangan tumbuhan yang ditanam. “Ma, lihat daunnya sudah mulai besar. Ma, tanamannya sudah merambat sekarang.” Alhamdulillah… kini biji tanaman itu tumbuh dan bisa bermanfaat di kemudian hari. Insya Allah.

            Bahagia rasanya melihat biji tanaman yang dulu terbuang, kini bisa dimanfaatkan kembali. Selain itu, anak-anak yang ikut terlibat menjaga tanaman bisa belajar bersama. Semoga esok hari kita bisa menanam jenis tanaman lain ya, Nak.

#Tantangan10Hari
#KelasBundaSayang
#InstitutIbuProfesional
#ThinkCreative
#Day2


0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design