Sunday, April 16, 2017

This is My Me Time



           
Me time itu apa sih? Kenapa harus ada Me Time ?
Istilah keren ini yang sering diusung oleh Emak rempong yang ingin menikmati waktunya sejenak disela kesibukannya mengurus rumah tangga. Me Time dianggap waktu untuk beristirahat bagi para emak. Sejenak menikmati hari untuk diri sendiri itu rasanya bagaikan disuguhkan es krim lezat ditengah teriknya panas matahari. Ah lebay… hehehe, tapi memang begitulah rasanya me time walaupun hanya menikmatinya dalam waktu singkat terasa lezat bagi saya. Emak rempong pasti punya perasaan yang sama ?
Buat saya me time adalah kandang waktu untuk beristirahat sejenak dari rentetan rutinitas padat setiap hari yang monoton. Sebagai Ibu Rumah Tangga dan seorang istri tentunya banyak kewajiban yang harus dilakukan. Kalau tidak pandai-pandai menyediakan waktu untuk diri sendiri rasanya waktu 24 jam segera berlalu. Banyak alasan dan tapi yang membut waktu kita terenggut. Sstt..sebenarnya hidup sebagai Emak rempong tak separah itu jika kita menikmati setiap detik rejeki-Nya. Rejeki tak hanya berupa materi namun juga waktu dan pengalaman dalam hidup.
Belajar dalam kehidupan membuat saya tersadar waktu adalah hal berharga yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Manajemen waktu untuk menikmati me time adalah kunci sukses untuk merelaksasi pikiran. Me time membuat pikiran saya sejenak beristirahat dari kejenuhan. Ia akan berlari menempati ruangnya. Biasanya jika anak dan suami belum bangun, me time pertama yang dilakukan setelah sholat adalah mengaji. Dulu sempat ada kekhawatiran waktu saya untuk me time akan habis, namun setelah berkali-kali mencoba ternyata dengan mengaji malah semakin banyak waktu yang tersisa. Allah seolah memberikan pengganti dan menambah waktu luang saya. Selanjutnya mengisi waktu me time dengan menulis atau mencari bahan bacaan. Ini juga membantu menyegarkan pikiran dan terapi jiwa. Menulis walaupun hanya untuk blog pribadi membuat saya lebih rileks dan tenang. Banyak hal yang tak bisa terungkap secara lisan mengalir begitu saja dengan menulis. Menuliskan hal yang terjadi hari itu, menuliskan berbagai info menarik yang didapat, apa pun itu ekspresi dalam hati tersalurkan disana. Plong rasanya… Walaupun sebetulnya saya kembali menulis karena paksaan tugas rutin, namun setelah dijalani ada candu yang membuat rindu. Jika dalam sehari saja tidak menulis ruang kosong itu selalu menanti dan memanggil agar saya kembali.
            Selain me time untuk menikmati waktu benar-benar sendiri, ternyata ada beberapa saat dimana kita bisa menikmati waktu me time berdua dengan pasangan atau malah berkumpul bersama dengan keluarga. Kuncinya, asalkan setiap detik waktu yang diberikan Allah selalu dinikmati dan memanfaatkannya sebaik mungkin, hal itu menjadi waktu yang sangat berkualitas. Terkadang saat anak tidur kita menikmati waktu berdua bersama pasangan. Hanya sekedar menonton film bersama, menikmati cemilan, atau bercanda berdua, rasanya sudah menjadi obat penawar rindu dan me time yang berharga untuk dinikmati. Saat inilah yang akan menjadi kenangan ketika posisi kita sedang berjauhan dengan pasangan.
            Waktu berkumpul bersama seluruh anggota keluarga, dapat pula dijadikan sarana me time untuk para Emak rempong. Menikmati setiap detik kebersamaan itu, walaupun hanya sekedar bercanda bersama dan leyeh-leyeh di kasur, bagi saya sudah menciptakan ketenangan berharga dan menghilangkan stres seketika. Terlebih lagi jika kita hang out keluar menikmati udara segar bersama dan menikmati pemandangan alam yang indah. Taman, Pantai, sungai, danau, air terjun, atau sekedar berjalan-jalan jauh menggunakan mobil dan melihat sawah sepanjang perjalanan membuat pikiran bisa fresh kembali. Sejenak melupakan rutinitas sehari-hari, bercanda bersama merupakan obat mujarab yang tak bisa dihiraukan. Rasa segar dalam pikiran dan ikatan kekeluargaan akan semakin erat terasa.
            Ini me time versi saya yang masih belajar mengatur waktu dengan baik. Menikmati setiap detik kesempatan yang diberikan Allah adalah kuncinya. Semua kenangan itu, tak kan pernah bisa diulang kembali. Jika saat ini kita kerepotan karena anak masih kecil dan merengek minta ini itu, mungkin suatu saat nanti, merekalah yang menolak merepotkan kita dan sibuk dengan dunianya sendiri.
            Allah yang Maha Pencipta sudah memberikan yang terbaik untuk kita, tinggal bagaimana kita mensyukuri dan menikmati setiap anugerah-Nya dengan baik. Semoga kita bisa menggunakan waktu dengan tepat untuk hal berguna, sehingga me time tak hanya sekedar me time, tapi juga bermanfaat. Aamiin…


0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design