Saturday, December 17, 2016

NHW #9 Ibu Sebagai Agen Perubahan

#NHW 9 Matrikulasi Batch 2


            Materi kali ini adalah materi penutup di minggu terakhir matrikulasi  IIP batch 2. Pada kesempatan kali ini para Ibu professional diberi tugas untuk melihat keadaan sekitar dan berusaha melihat peluang usaha yang bisa dikerjakan sebagai Agent of change maker.
            Materi penutup yang cukup berat menurut saya, karena kita harus berpikir jauh kedepan upaya apa yang bisa dilakukan untuk merubah keadaan lingkungan sekitar. Tingkatan Ibu professional tertinggi sebagai bunda sholeha dimana kita bisa bermanfaat untuk banyak orang. Mulai dari hal yang sederhana, dilihat dari passion yang kita miliki karena Passion + Emphaty akan menghasilkan social venture.
            Semenjak belum menikah saya sangat suka dengan anak kecil. Saya senang mengajak mereka bercanda dan bermain. Melihat tingkah polah mereka dapat menentramkan jiwa dan membuat hati senang. Berangkat dari kesenangan saya dengan anak kecil saya ingin membuat rumah bermain yang diadakan ritual setiap bulannya.
            Rumah bermain ini merupakan wadah yang bisa dijadikan tempat berkumpulnya para anak usia pra sekolah untuk bisa mengeksplore kegiatan sesuai dengan tumbuh kembangnya . selain itu, saya ingin agar anak-anak ini makan cemilan yang bergizi. Makanan yang dibuat dari rumah adalah makanan yang lebih terkontrol gizi dan kebersihannya.
            Masyarakat disekitar lingkungan saya kurang mengenal pentingnya penyajian makanan yang sehat dan bergizi. Seringkali alasan sibuk menjadikan mereka kurang prhatian dalam memberikan makanan bergizi, terutama untuk mereka yang memiliki anak banyak. Makanan pabrikan sebagai cemilan dan produk MPASI pertama dijadikannya sebagai pilihan utama dalam pemberian makanan bagi anak-anaknya. Hal ini membuat saya sedih, karena apabila sejak kecil anak sudah dibiasakan makan makanan gurih dan instan akan berdampak hingga ia dewasa nanti.
            Saya ingin sekali mengajak ibu-ibu dilingkungan sekitar untuk belajar memahami kandungan gizi yang diperlukan dalam setiap penyajian makanan terutama bagi mereka yang mempunyai anak balita. Saya ingin kader Posyandu memberikan teladan yang baik bagi para Ibu lainnya, dan berusaha mengakomodasi dengan mengundang ahli gizi dari puskesmas untuk memberikan penyuluhan. Selain itu, zaman yang serba canggih sekarang ini kita bisa banyak memperoleh informasi dari berbagai sumber.
            Hobi saya yang lain adalah membuat kue. Menangkap adanya peluang usaha yang juga bisa mengedukasi pentingnya makanan sehat bagi anak, saya ingin membuat kue kering sederhana yang enak,praktis untuk bekal terutama untuk balita sebagai cemilan yang sehat. Cemilan ini diolah tanpa adanya zat kimia tambahan seperti pengawet, dan pemanis buatan.
Penjelasan diatas dapat dilihat secara sederhana dalam table berikut ini :
Minat Hobi
Skill, hard and Soft
Isu sosial
Masyarakat
Ide sosial
Membuat Kue




Dunia Anak
Memasak
Komunikasi
Percaya diri


Mendongeng
Belajar Bahasa Inggris
Komunikasi
Percaya Diri

MPASI kurang bergizi
Cemilan kurang bergizi

Kurangnya pengetahuan bahasadan tumbuh kembang
Anak-anak balita
Anak usia sekolah
Ibu Hamil
Ibu Muda

Anak-anak   
Ibu Muda
lansia

Cemilan cookies sehat
Edukasi ahli gizi


Rumah Bermain anak


Semoga usaha saya ini bisa segera direalisasikan dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Aamiin..

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design