Thursday, December 8, 2016

NHW # 8 Matrikulasi Ibu Profesional Batch 2

Misi Hidup dan Produktivitas




        Materi diminggu ke delapan mengenai Bunda Produktif semakin mengarahkan minat dan bakat saya. Quote yang menyatakan “Rejeki itu pasti, kemuliaanlah yang harus dicari “ semakin terngiang-ngiang ditelinga. Ada semacam pembenaran dalam diri mengapa NHW ini disusun per minggunya. Semua yang saya kerjakan harus profesional. Saya mulai menemukan benang merah dari semuanya. Saat mengerjakan tugas ini pun tak selamanya jalan yang ditempuh mulus, ada kalanya anak sakit dan menguji sejauh mana profesionalitas saya sebagai Ibu. Mana yang harus didahulukan, mana yang bisa ditunda. Allah...Allah lah yang telah mengaturnya dalam satu rangkaian waktu. Allah yang mempunyai rencana terbaik dan kapan waktu yang tepat bagi saya menerima kabar bahagia itu.  Saya bersyukur dipertemukan dengan grup ini, rasanya semua mengalir begitu saja sesuai dengan ketetapan-Nya. 
Mari kita bahas pertanyaan pada NHW 8 ini :
1.    Berdasarkan ranah aktivitas yang saya kerjakan di NHW 7 aktivitas yang saya suka dan saya bisa mengerjakannya salah satunya adalah menulis. Menulis dengan segala kompetensinya ingin sekali saya perdalam saat ini. Menuliskan segala kejadian baik berupa artikel,puisi, cerpen, dll yang dapat dikemas secara professional dan berguna untuk orang lain.

2.   Ingin menjadi apa ?
Saat ini saya ingin sekali menjadi penulis profesional yang tulisannya dibaca banyak orang dan bisa menginspirasi serta memberikan makna yang mendalam bagi para pembacanya.

Ingin melakukan apa   ?
Ingin menulis sebanyak mungkin dan belajar segala bentuk penulisan dan aturannya. Baik berupa karya fiksi maupun non fiksi. Misal : belajar menulis diblog, belajar menulis artikel yang benar, membuat cerpen, cerbung, novel, dll. Selain itu, saya ingin membuat buku mengenai perkembangan anak dalam bentuk biografi sehingga bisa digunakan untuk pelajaran mereka kedepannya.

Ingin memiliki apa ?   
Saya ingin memiliki karya yang dibaca banyak orang dan bermanfaat mencakup segala bidang. Mulai dari bidang yang sudah saya pelajari misal parenting, kesehatan, sampai bidang lain yang akan coba saya pelajari seperti keuangan, manajemen, bisnis,dll. Karya tersebut dapat berupa blog dan buku.
Khusus untuk blog cita-cita saya adalah memiliki blog yang bilingual sehingga lebih luas lagi cakupan pembacanya.  
Selain itu saya ingin membuat catatan khusus perkembangan anak saya dalam sebuah blog yang dikhususkan untuk mereka, sehingga kelak akan ada yang dapat mereka kenang dan pelajari sebagai bekal kehidupan mereka.

Perhatikan aspek dimensi waktu
                         
·      Apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu kehidupan kita ?
Kehidupan yang hanya sementara di dunia ini seharusnya diisi sebaik-baiknya dengan beribadah dan melakukan segala sesuatu sesuai perintah-Nya. Saya ingin menemukan misi penciptaan Allah terhadap Hamba-Nya dimuka bumi. Saya ingin bisa bermanfaat bagi banyak orang melalui peran yang saya bisa. Saat ini yang terbayang oleh saya adalah melalui tulisan.  


·      Apa yang ingin kita capai 5-10 tahun kedepan ?
Peran yang telah diamanahkan Allah sebagai individu yang bermanfaat, istri, dan Ibu dari anak-anak saya bisa berjalan lebih baik lagi.
Melaksanakan semua mimpi yang tertunda, yaitu sebagai penulis yang bisa menebar manfaat lewat karyanya.
Mandiri secara financial dan mampu mengelola keuangan dengan baik.

·      Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 1 tahun (New Year solution )
-    Dalam satu tahun kedepan saya ingin menjadi pribadi yang senantiasa mengevaluasi diri ketika terjadi kesalahan, mampu mengelola emosi dengan baik dan memanage waktu lebih baik lagi.
-       Perlahan-lahan mencapai target yang telah ditetapkan dalam 1 tahun sesuai kemampuan saya. Misal : membuat portofolio kegiatan anak-anak dan hasil karyanya dalam 1 album atau 1 blog khusus untuk pembelajaran.
- Belajar mendokumentasikan segala kegiatan yang disukai baik berkebun,taravelling,baking, dll dan menuliskannya kedalam blog agar bisa berbagi dengan yang lain dan kemampuan bahasa semakin terasah.
-      Lebih aktif untuk berbagi dengan sesama walaupun hanya berbentuk info dalamtulisan,misalnya tips sederhana dalamkehidupan sehari-hari. 

 demikian jawaban NHW#8 saya, semoga bisa tercapai satu per satu, Aamiin.
   

2 comments:


  1. Wah mb lia mah dah jagonya nge blog nih.. Saya mah belum bisa, masih nol.. Keren feh

    ReplyDelete

  2. Wah mb lia mah dah jagonya nge blog nih.. Saya mah belum bisa, masih nol.. Keren feh

    ReplyDelete

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design