Friday, December 15, 2017

3 Reaksi Anak Saat Mendengarkan Dongeng

Ada berbagai tipe anak yang memberikan reaksi berbeda saat orang tuanya mendongeng. Walaupun kebanyakan anak akan senang jika mendengarkan ada orang dewasa yang mendongeng untuknya.

Berikut adalah beberapa reaksi Feeza dan Zafran saat kami mendongeng untuk mereka.

1. Antusias

Pada beberapa dongeng yang belum pernah saya ceritakan, Nafeeza akan menanti dengan antusias lanjutan ceritanya.

Zafran yang juga ikut mendengarkan juga terlihat tertarik saat mendengar bunyi-bunyian binatang yang ia kenal.

2. Cuek

Ada kalanya Nafeeza dan zafran hanya mendengarkan dongeng saya selewat. Perhatian mereka tidak fokus. Semua yang saya utarakan hanya sebentar saja mereka dengar, selanjutnya mereka melanjutkan aktivitasnya kembali. Biasanya hal ini terjadi jika dongeng yang saya ceritakan sudah pernah didengarnya.

3. Tertawa

Saat karakter yang diceritakan dalam dongeng begitu menarik dan saya menyelinginya dengan nyanyian atau suara aneh yang lucu menurut mereka, biasanya mereka akan tertawa spontan. Artinya perhatian mereka benar-benar fokus pada dongeng saya.

Biasanya Nafeeza meminta saya mengulang suara lucu yang membuatnya tertawa, dan melanjutkan cerita dengan durasi yang panjang.

Itulah beberapa reaksi anak saat saya mendongeng. Skill mendongeng memang semakin hebat sesuai jam terbang. Selain itu latihan, materi dongeng yang menarik, dan gestur tubuh serta suara memang sangat mempengaruhi.

Selamat mendongeng dengan ananda Bunda. Semoga pesan moral yang ingin disampaikan melalui mendongeng bisa dimengerti oleh ananda. Aamiin...

#Tantangan10hari
#gamelevel10
#KelasBunsayIIP
#InstitutIbuProfesional
#day5

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design