Monday, December 24, 2018

5 Kegiatan yang dapat Mama Lakukan bersama Ananda saat Liburan, Mana Kegiatan Favorit Mama?




Halo Mama, sudah lama saya tidak menyapa dan update artikel disini. Apa kabar semuanya ?

Libur sekolah, kegiatan apa yang dilakukan oleh Mama dan Keluarga? Pasti seru ya, berkumpul bersama dan saling bercengkrama.

Namun terkadang, saat di rumah kita malah bingung kegiatan apa yang bisa dikerjakan bersama. Tenang Mama, ada beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan. Yuk, simak bersama!


1. Berkebun


Berkebun bukanlah kegiatan yang hanya dilakukan oleh Ibu-Ibu. Berkebun juga bisa dilakukan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

 Ajak anak-anak mengenal bibit tanaman. Jenis tanaman yang ditanam, dan fase perkembangan tumbuhan. Tentunya mereka senang dilibatkan menggali tanah dan menanam biji hingga melihat perkembangan tumbuhnya tanaman setiap hari.

Tugas menyiram tanaman bisa didelegasikan pada anak mama yang tentunya membuat mereka senang belajar sambil bermain.

Sambil bermain, Mama bisa memperkenalkan bagian tumbuhan. Mereka dapat mempelajarinya sambil praktek.


2. Memasak


Kegiatan memasak berbagai menu baru apalagi yang menjadi favorit keluarga, tentunya akan sangat menyenangkan bila dilakukan bersama-sama. Mulai dari persiapan bahan, mengiris bumbu, dan memasak bersama.

Anak-anak senang belajar mengiris, menggoreng, dan menata hasil masakan diatas piring. Tentunya ini merupakan ilmu baru bagi mereka. Kita sebagai orang tua bisa mengarahakan kegiatan memasak ini sambil mengawasi keamanannya, jangan sampai terkena api yang berbahaya.

Jenis masakan dapat berupa camilan, ataupun menu makanan pendamping nasi. Sebagai awalan Mama dapat membuat rancangan kegiatan memasak yang ringan, namun melibatkan anak dalam prosesnya.

Misalnya saja membuat donat, anak-anak diajak untuk mengaduk adonan dan mencampurnya hingga kalis. Kemudian mereka diajarkan cara membentuk donat, setelah digoreng, bisa mencelupkannya pada berbagai toping kesukaannya.

Pasti mereka senang sekali bisa makan donat hangat kesukaannya, dihiasi berbagai toping yang menarik.

Camilan lain yang dapat dibuat adalah bitterbalen. Setelah disiapkan adonannya, ajak anak-anak untuk membentuk adonan hingga bulat kemudian mencelupkan dalam kocokan telur dan tepung roti.

Setelah selesai, ajak anak untuk melihat proses penggorengannya, kemudian nikmati bersama selagi hangat. Tambahkan cocolan saos tomat dan saos cabai saat dihidangkan. Hmmm... lezaat.


3. Menonton Film



Menonton berbagai film baru kini bisa dilakukan di rumah. Kita bisa memilihkan film yang sesuai dengan usia anak dan bermanfaat menambah pengetahuan anak. Tentunya menonton film bersama sambil ditemani camilan dapat mempererat hubungan antar keluarga.

Supaya lebih seru, Mama dapat mempersiapkan settingan tempat seperti di bioskop. Anak-anak pasti senang loh, Ma.


4. Memberi Makan Hewan Peliharaan



Zaman sekarang, semua tempat wisata dilengkapi dengan fasilitas memberi makan hewan peliharaan dan harganya cukup mahal. Jika anak menyukai hewan peliharaan, tak ada salahnya jika Mama mencoba untuk membelikan mereka hewan kesukaan. Selain menanamkan belajar tanggung jawab, anak-anak juga belajar untuk menyayangi makhluk ciptaan Tuhan, disamping itu harganya tentu lebih murah dibanding Mama harus pergi ke tempat wisata.

Sebelum membeli hewan peliharaan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti cara perawatan, makanan hewan, harga, dan kandangnya.

Sebaiknya hal tersebut didiskusikan dengan anak terlebih dahulu, baru kemudian Mama membelinya.


5. Membuat Aktivitas Bermain Bersama


Saat liburan, tentunya dapat dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan saudara atau kawan-kawan lama yang jarang bertemu.

Mama bisa merancang kegiatan playdate bersama. Selain ada kegiatan untuk orang tuanya yang lama tak bertemu, anak-anak pun tentu senang bermain bersama.

Agar kegiatannya tidak menjenuhkan, Mama dapat membuat jadwal acara. Sesuaikan permainan yang cocok dengan usia anak yang membuat mereka terlibat dengan bahagia. Misalnya permainan ular tangga, balon air, tebak kata, atau memanfaatkan bahan alam yang ada, seperti dedaunan, tanah, dll.

 Selain itu, bisa pula disisipkan kegiatan olahraga yang diiringi musik. Badan sehat, anak pun gembira.

Nah, mudah bukan kegiatannya, Ma? Nomor berapa yang jadi favorit Mama?



















23 comments:

  1. Mamanya dapet mainan baru, ngeblog he..he...

    ReplyDelete
  2. Syuka semuaaaaaaa secara orang rumahan banget iniiii

    ReplyDelete
  3. Saya paling suka membuat aktivitas bermain bersama... karena anak-anak masih balita, dan mereka suka main sambil belajar. Salam kenal ya๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba, wah...pasti banyak kegiatan serunya nih sama anak-anak.

      Delete
  4. Semua suka..kecuali memberi makan hewan peliharaan. Karena enggak punya..dulu pernah punya hamster terus mati. Jadi enggak punya lagi. Karena kalau dotinggal mudik pasti mati...hiks

    Thanks tips liburan bersama anaknya, Mbak

    ReplyDelete
  5. Semuanya saya suka, cuma berkebun yang tidak kami lakukan, karena halamannya terbatas he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terbatas, bisa disiasati dengan pot kecil Mba. Anakku seneng masukin biji tumbuhan, terus siram sendiri. Makasih udah mampir ya

      Delete
  6. Saya pilih apa ya? Kayaknya masak bersama, nonton dan main bareng deh. Hmm...kalau berkebun, suami sih yg seneng berkebun. Bisa juga tuh main siram² tanaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti asyik ya banyak kegiatan bersama, Bunda๐Ÿ˜Š

      Delete
  7. Suka nonton bareng. Kadang bisa sampe 3 film habis di tonton seharian

    ReplyDelete
  8. Saya paling suka nomer 2, selain seru anak2 bisa belajar menyiapkan sendiri makan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bun, mereka juga bisa request menu kesukaannya sambil belajar masak sendiri๐Ÿ˜Š

      Delete
  9. Saya suka nomor 2 dan di 5. Enggak perlu nunggu liburan, kalo no 2, hampir tiap hari saya kerjakan bareng kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. alhamdulillah, kakak udah bisa bantuin Bundanya ya

      Delete
  10. Assalammu'alaikum salam kenal Mba, terima kasih sharingnya . Liburan sekarang saya lebih banyak menemani anak-anak pergi ke tempat yang mereka inginkan, biasanya anak-anak sukanya berenang atau sesekali nonton, atau membereskan kamar bersama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, salam kenal juga Mba. Pasti seru ya traveling bareng anak-anak.

      Delete
  11. Saya paling suka membaca buku dan memasak. Kalau sudah berbaring di sofa depan jendela yang terbuka, bantal untuk bersender, segelas coklat panas, sambil membaca buku.itu menyenangkan sekali. Kalau memasak itu juga menyenangkan, paling suka kalau menonton video Tasty, video memasak di Youtube. Yummy..

    ReplyDelete
  12. Saya sukanya no 3 dan 5, soalnya kurang telaten berkebun apalagi punya hewan peliharaan. Kalau masak bareng adik sesekali aja. Paling sering masak jelly dan siomay ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  13. Noted nih mba, nanti klu udah berkeluarga dan punya anak, bisa diterapin tipsnya ๐Ÿ˜

    ReplyDelete

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design