Wednesday, August 29, 2018

7 Tips Membereskan Rumah yang Patut Dicoba


7 Tips Membereskan Rumah yang Patut Dicoba


            Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya terkadang kewalahan dengan berbagai tugas yang harus dikerjakan dalam satu waktu. Saat mempersiapkan anak berangkat sekolah, diselingi membereskan rumah, dan menyiapkan perlengkapan suami berangkat ke kantor.
            Rasanya ingin mempunyai tangan lebih dari dua, hehehe. Berlebihan ya? Tapi itulah tugas seorang ibu, harus kuat dan mampu mengatur urusan rumah tangganya dengan baik. Nah, jika Mama mempunyai permasalahan yang sama dengan saya, yuk simak sedikit tips dari saya, agar Mama tak lagi kerepotan mengurus rumah.
            Tips ini sudah saya praktikkan berulang kali, dan Alhamdulillah berhasil.
11.    Niat, dan Berpikir Bahagia Mengurus Rumah
Niat dalam diri untuk beribadah dalam mengurus rumah tentunya menjadi pondasi dasar dalam mengerjakan tugas sebagai Ibu rumah tangga. Insya Allah kalau niatnya sudah kuat, setrikaan menggunung pun akan terlampaui.
Selain itu, kita kerjakan dengan bahagia, berpikir bahwa rumah yang nyaman untuk anggota keluarga, menciptakan ketentraman dan kebahagiaan bahi penghuninya. Sesuai dengan pepatah rumahku surgaku.

22.  Membuat Daftar Pekerjaan Rumah
Dengan membuat daftar pekerjaan rumah, semakin memudahkan kita untuk memilih mana pekerjaan yang akan dilakukan terlebih dahulu. Mulai dari yang termudah, kemudian buat jadwal pengerjaannya. Ini membantu kita untuk disiplin dan dapat memanfaatkan waktu dengan baik.



33.   Selesaikan Satu Per Satu Setiap Area Kerja
Agar pekerjaan kita selesai dengan baik, lebih baik selesaikan pekerjaan setiap area. Misalnya pertama kita membersihkan dapur, mulai dari mencuci piring, membereskan piring yang sudah bersih ke dalam lemari, menyapu, mengepel, dan membersihkan meja kerja di dapur. Setelah itu, baru kita beranjak ke area yang lain.



44.   Buang Barang yang Sudah Tidak Terpakai
Barang yang sudah tidak terpakai, lebih baik dibuang atau diberikan pada yang membutuhkan. Terkadang, kita menyimpan barang di gudang sampai menumpuk, berpikir suatu saat akan menggunakannya lagi. Padahal, kita hanya menyimpan sampah di rumah. Alangkah baiknya jika kita menyediakan waktu untuk membereskan semua barang yang sudah tidak terpakai, mengelompokkan barangnya, kemudian dapat dipilah sesuai kebutuhan. Jika masih layak pakai, Mama dapat menjual, atau menyumbangkan pada yang memerlukan.

55.  Ajak Anggota Keluarga untuk Berpartisipasi
Membereskan rumah sebetulnya dapat dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga. Kita dapat berbagi tugas dengan anak dan suami. Berikan contoh berulang pada anak mulai dari hal kecil seperti mencuci piring sehabis makan, kemudian menjemur pakaian. Hal ini dapat melatih kemandirian mereka sejak kecil.

66.Tidak Menunda Pekerjaan
Penyakit malas dan menunda pekerjaan ternyata malah menjadikan pekerjaan kita semakin bertumpuk dan bisa menimbulkan stress. Alangkah baiknya mengerjakan pekerjaan di waktu longgar dengan bangun lebih awal, kemudian mulai dari yang paling mudah.  Misalnya, langsung mencuci piring setelah makan, menyapu di pagi hari, atau jika ada makanan yang tumpah langsung dibersihkan.

77.  Konsisten
Biasakan untuk meletakkan barang pada tempatnya. Jika sudah disiplin dan terbiasa, serta mencontohkan pada anak kita, insyaallah pekerjaan menjadi lebih mudah. Selain itu, konsisten dan disiplin diperlukan setelah kita membuat jadwal harian.

Selamat mencoba Mama, semoga berhasil.



6 comments:

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design