Sunday, November 13, 2016

Memaknai Arti Kehidupan # NHW 4



#NHW 4 Matrikulasi Ibu Profesional
















Minggu keempat matrikulasi kali ini saya dan  teman-teman mendapat tugas yang lebih berat lagi.
Semangat memahami dan mulai melakukan semua tugas yang ditetapkan Allah untuk kami semakin diuji dan terlihat disini. Kami ditugaskan untuk mereview semua  tugas yang sebelumnya telah dikerjakan dan merenung dalam-dalam, apakah semua itu sudah terlaksana? Apakah Kami benar-benar menikmati peran kami, dan ilmu apa sajakah yang diperlukan untuk mendukungnya?
Mari kita review satu per satu. 

a.       NHW #1
Saya Insya Allah menetapkan jurusan parenting sebagai jurusan utama yang ingin saya pelajari dalam tugas pertama. Namun, ada keahlian lain yang saya rasa perlu dalam mendukung ilmu parenting ini, yaitu keahlian menulis. Insya Allah saya ingin menuliskan semua perjalanan hidup saya dan mereviewnya kembali suatu saat nanti. Saya yakin dengan adanya dokumentasi dalam penulisan semua tahapan kehidupan akan lebih meringankan tugas saya kedepannya. Aamiin.

b.      NHW #2
Cek list indikator harian yang dibuat dalam NHW #2 ternyata dalam pelaksanaannya tidak semudah yang dikira. Ada beberapa hal yang belum terlasana, misalnya : pembuatan lesson plan mingguan anak, shalat tahajud, dan olahraga. Kedepannya akan ada penyesuaian yang saya lakukan bertahap, sehingga meskipun hanya sekali namun apabila rutin dilakukanakan berdampak positif bagi rutinitas harian dan pendisiplinan diri. 

c.       NHW #3
Ini adalah tugas yang membutuhkan perenungan mendalam, saya sampai detik ini masih mencari  dan memahami  tugas yang diamanahkan Allah. Maksud Allah menciptakan hamba-Nya di Bumi tentulah memiliki tujuan spesifik. Perenungan dan pencarian melalui diskusi yang dilakukan membuat saya semakin yakin jika Allah memberikan saya tugas untuk bisa membimbing anak-anak dan menemani mereka dalam kesehariannya dengan optimal, agar perkembangannya dapat tercapai dengan baik dan mereka menjadi anak yang shaleh –shaleha. Aamiin..     
Tentunya perlu didukung oleh ilmu terkait pencapaian yang optimal tersebut , diantaranya :

  • Bunda Sayang  : ilmu yang terkait dengan pendidikan anak dan pemenuhan hak anak dalam keluarga. ( komunikasi dengan anak, gizi, psikologi)
  • Bunda cekatan : ilmu yang terkait dengan manajemen keluarga. ( keuangan, home team suami istri, agama)
  • Bunda Produktif : ilmu yang terkait dengan kecakapan diri menjadi pribadi yang produktif, sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.Dalam hal ini saya ingin menambah keahlian menulis, belajar public speaking sehingga bisa berbicara dengan baikdihadapan umum,dan belajar mendongeng.


d    Milestone untuk panduan

Menurut pendapat saya, milestone ini dapat dikatakan  sebagai target dan tolak ukur yang kita gunakan dalamkehidupan kita kedepannya.

Saat ini usia saya sudah 31 tahun dan saya tetapkan sebagai KM 0. Saya berharap dengan target 8 jam setiap harinya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi sesuai yang dimaksudkan Allah dalam penciptaannya , saya akan bisa mencapai apa yang saya inginkan.     

KM 0-KM 1 ( tahun pertama) : Ilmu seputar Bunda Sayang
(mempelajari  mengenai ilmu pendidikan anak, psikologi anak,komunikasi dengan anak, gizi anak, ceklist pertumbuhan dan perkembangan anak, adab dan akhlak dalam agama, tata boga, seni dan kerajinan)

KM1-KM2 ( tahun kedua): Ilmu seputar bunda cekatan
 Yang ingin saya pelajari adalah ilmu seputar manajemen waktu untuk keluarga, komunikasi bersama pasangan dalam membentuk home team dan merencanakan family strategic planning,
Ilmu pengaturan keuangan keluarga, ilmu kesehatan.

KM2-KM3 ( tahun ketiga) : Ilmu seputar bunda produktif
Ilmu yang ingin saya pelajari bagaimana hobi bisa menghasilkan bisnis
Bisnis dalam dunia penulisan, craft, dan pendidikan anak (bahasa Inggris)

KM3-KM 4 ( tahun keempat) : Ilmu bunda shaleha
Ilmu yang ingin saya pelajari adalah ilmu agama diperdalam, pendidikan bahasa Inggris untuk anak, kesehatan anak, dan perkembangan anak sesuai milestonenya, sehingga bisa dimanfaatkan untuk dipraktekkan minimal dalam keluarga kecil, keluarga besar, dan lingkungan sekitar.

Tentunya langkah pertama setelah penentuan target adalah dengan mengoreksi kembali NHW #2 yang telah dituliskan. Saya sudah menentukan waktu targetannya,akan tetapi ada beberapa yang dalam teknis pelaksanaannya ternyata butuh pendisiplinan diri. Saya akan mulai mngurangi target terlebih dahulu,kemudian meningkatkannya kembali setelah target awal tercapai.
Misalnya minggu pertama: olahraga 30 menit minimal 1minggu sekali, minggu selanjutnya ditingkatkan menjadi mnimal1minggu 2kali,dst.   

Semoga semua yang telah dirancang dalam milestone ini dapat berjalan dengan tertib sesuai target yang telah ditetapkan, dan Allah member kemudahan daam pencapaiannya, Aamiin…  
   
  




0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design