Friday, January 19, 2018

Pendidikan Fitrah Seksualitas Pada Anak

Pendidikan Fitrah seksualitas pada anak menjadi tantangan yang cukup berat untuk orang tua jaman sekarang.

Anak harus cukup bekal pengetahuan tentang apa itu seksualitas agar mereka tidak terlindas jaman dan bisa melindungi dirinya dari bahaya pergaulan bebas.

Untuk itu, sejak usia dini anak perlu diperkenalkan oleh orang tua mengenai apa itu fitrah seksualitas dan orang tua perlu membersamai setiap proses perkembangannya hingga anak tak lagi tabu untuk bercerita pada kedua orang tuanya .

Lalu apakah fitrah seksualitas itu?

Fitrah seksualitas adalah suatu pandangan bagaimana seorang laki-laki atau perempuan berpikir merasa dan bersikap sesuai kodratnya.

Alasan pentingnya anak diperkenalkan pada fitrah seksualitas adalah agar anak dapat memastikan identitas seksual dengan tegas, tidak terjadi penyimpangan seksual, Ayah dan Ibu menjadi beradab pada keturunan dan pasangannya.

Sebagai orang tua tentunya pendidikan fitrah seksualitas pada anak ini memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapi, diantaranya :

-Mengenalkan perbedaan bentuk tubuh perempuan dan laki-laki

Terkadang dianggap hal sepele saudara berbeda jenis kelamin tidur dan beraktivitas bersama. Padahal ada perbedaan bentuk tubuh dan privasi perempuan dan laki-laki.

-Mengenalkan batasan aurat  dan rasa malu.

Anak sering dianggap biasa saja jika membuka auratnya dihadapan orang lain.

-Mengenalkan Feminitas dan Maskulin

Perlu diketahui bagaimana kegiatan maskulin laki-laki dan kodrat feminin perempuan. Jaman sekarang sering dianggap biasa dan tak perlu sesuai dengan kodrat. Maka ada perempuan yang bergaya seperti laki-laki.

Solusi yang dapat ditempuh adalah

# sedini mungkin kita mengenalkan perbedaan laki-laki dan perempuan kepada anak-anak kita melalui media.
Bicarakan perbedaannya dengan cara melihat poster, video, maupun contoh real ibu dan ayahnya. Dengan demikian anak dapat melihat dengan jelas perbedaannya dan meneladani sikap ayah dan ibunya.

# Ajarkan anak mengenai batasan aurat perempuan dan laki-laki.

Ajarkan pula rasa malu ketika aurat terlihat dihadapan umum. Beritahukan batasan bagi perempuan dan laki-laki ketika tampil didepan umum.

#Dekatkan ayah dan ibu dengan anaknya sesuai perkembangan usianya.

Hal ini dimaksudkan agar anak memiliki kedekatan dengan kedua orang tuanya. Mau bercerita ketika ada masalah, serta mempunyai panutan tokoh laki-laki dan perempuan yang bisa dijadikan contoh hingga mereka dewasa kelak.

Dengan demikian mereka tidak akan memiliki pemikiran yang menyimpang mengenai jenis kelamin. Mereka bisa menjaga dengan baik harta berharganya.

Diskusi dan kedekatan dengan anak sangatlah penting apalagi saat usia pubertas. Ajak anak bicara perlahan, anggap kita sebagai temannya. Anak yang dihargai oleh orangtuanya akan lebih terbuka dalam berbicara ketika ia menghadapi masalah.

Semoga dengan berbagai upaya maksimal yang kita lakukan, anak kita dapat terhindar dari hal negatif yang tidak kita inginkan. Aamiin...

#KuliahBundaSayang
#Tantangan10hari
#Fitrahseksualitas
#day1
#InstitutIbu Profesional

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design