Saturday, October 29, 2016

Tugas NHW # 1 IIP Bandung

NHW_1 Matrikulasi IIP Bandung
Perkenalkan sebelumnya, saya Lia Nurlatifah, seorang Ibu dari dua orang anak Nafeeza (5tahun) dan Zafran (4bulan). Sedikit cerita awal mula saya berkenalan dengan IIP karena saya merasa sangat kurang dalam ilmu Parenting. Menjadi orang tua baru dari anak yang diamanahi oleh Allah Swt tentunya tidak mudah, Tanpa dibarengi ilmu yang mumpuni terkadang peran kita sebagai orang tua banyak rintangannya.

Disamping peran sebagai orang tua, tentunya peran sebagai istri dan perempuan sebagai pribadi tetap harus berjalan beriringan. Seiring berjalannya waktu, dalam pencarian ilmu tersebut, saya dipertemukan dengan akun instagram salah seorang ibu yang ternyata aktif di IIP. Dari beliaulah perlahan saya mulai berkenalan dengan IIP, mengikuti seminar bersama Ibu Septi yang tentunya membuka wawasan baru bagi saya dalam menjalani ketiga peran tersebut.
Benar-benar seperti sekolah di Universitas kehidupan, saya merasa komunitas ini akan memberikan banyak pelajaran bagi kehidupan saya, dan benar saja setelah masuk grup Wa, mengikuti Rumah belajar, bertemu dengan teman-teman baru, semakin bertambah rasa syukur saya. Alhamdulillah… saya belum terlalu terlambat untuk segera memperbaiki diri dan belajar menjadi pribadi lebih baik lagi di Universitas kehidupan ini.

Satu ilmu yang ingin saya pelajari sekarang dan yang akan datang di Universitas kehidupan ini adalah ilmu Parenting. Ilmu yang membahas mengenai seluk beluk peran sebagai orang tua. Tentunya banyak yang harus dipelajari saat status berubah menjadi orang tua. Perawatan anak sejak usia bayi sampai menjadi dewasa tak hanya melibatkan satu ilmu saja. Ilmu baru senantiasa menjadi pendukung dalam peran kita sebagai orang tua diantaranya :
  • Ilmu gizi : sejak lahir anak harus mendapatkan gizi baik yang seimbang agar mereka dapat tumbuh sehat dan normal sesuai dengan usia perkembangannya. Tentunya dipelajari berapa kalori makanan yang dibutuhkannya, bagaimana cara memasaknya, menghidangkannya, variasi makanan saat dihidangkan.
  • Ilmu kesehatan : ilmu ini perlu dipelajari terutama saat anak sedang sakit. Langkah apa yang perlu diambil, bagaimana langkah penanganannya, dan perawatan hingga mejadi sehat kembali.
  • Ilmu Agama : tentunya pribadi yang baik adalah pribadi yang seimbang ilmu dunia dan akhiratnya. Ilmu agama perlu ditanamkan sejak anak lahir agar mereka berakhlak baik dan berprilaku santun serta menjadi pribadi yang sholeh sholehah.
  • Ilmu psikologi : ilmu ini perlu dipelajari agar komunikasi kita sebagai orang tua terhadap anak bisa berjalan baik. Orang tua dan anak dapat saling memahami keinginan masing-masing.
  • Ilmu keuangan dan pendidikan keluarga ( tumbuh kembang, pendidikan usia dini, science,skill dasar, matematika, dll)
  • Serta masih banyak ilmu lainnya yang dapat menunjang peran kita sebagai orang tua menjadi lebih baik lagi.

Alasan utama saya ingin mempelajari ilmu Parenting adalah karena saya sudah diamanahi oleh Allah SWT untuk menjadi orang tua dari dua orang anak. Tentunya amanah ini harus dijaga dengan sebaik mungkin agar tugas kita sebagai pengemban amanahnya berjalan dengan baik dan ditunjang dengan ilmu yang tepat. Sesungguhnya pemilik dari semua Ilmu adalah Allah SWT, hanya kepada -Nya lah kita memohon tambahan ilmu yang bermanfaat untuk didunia dan diakhirat kelak. Karena ilmu yang diamalkan adalah salah satu amalan yang akan terus mengalir ketika kita sudah meninggal kelak. Strategi yang saya rencanakan dibidang parenting ini yaitu dengan :
  • Berguru pada tokoh secara langsung dengan mendatangi seminar atau melalui online seperti whatsapp dan youtube ataupun webinar.
  • Bergabung dengan komunitas-komunitas yang saling mendukung dan berkaitan dengan pola pengasuhan anak.
  • Membaca banyak buku mengenai parenting
  • dll.

Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, dalam proses pencarian ilmu tersebut ada beberapa hal yang saya perbaiki, diantaranya :
  1. Selalu mencantumkan sumber berita mengenai ilmu yang saya dapatkan.
  2. Meminta ijin terlebih dahulu kepada narasumber jika saya berniat untuk mempublikasikan hasil dari materi yang dibawakan nara sumber dalam suatu acara.
  3. Tidak menyebarluaskan berita yang belum jelas kebenarannya dan sumbernya
Demikian tugas NHW I saya, semoga setiap tugas yang diberikan memberikan perbaikan dalam diri saya sekarang dan yang akan datang. 
# NHW I IIP Bandung

0 comments:

Post a Comment

 

Circle Life of Shalia Template by Ipietoon Cute Blog Design